BMW 3.0 CSL Kembali, Dihidupkan Kembali dengan Tenaga 553 HP dan Manual Enam Kecepatan

  • BMW telah mengembalikan nama 3.0 CSL pada mobil sport edisi terbatas baru yang menggemakan desain CSL 3.0 era Tujuh Puluh asli dan menampilkan livery yang terinspirasi dari olahraga motor.
  • Mesin twin-turbo 3.0-liter inline-enam menghasilkan 553 tenaga kuda; itu adalah inline-six paling bertenaga yang digunakan dalam mobil BMW M legal jalanan yang pernah ada.
  • Motor itu dikawinkan dengan manual enam kecepatan, dan tenaga dikirim secara eksklusif ke roda belakang. Hanya akan dibangun 50 unit.

Kembali pada tahun 2015, BMW mengisyaratkan kebangkitan salah satu mobil sport paling ikonik yang pernah ada dengan konsep 3.0 CSL Hommage R. Itu adalah interpretasi modern berotot dari homologasi CSL 3.0 yang dibuat khusus dalam jumlah kecil pada tahun 1970-an, yang mendapat julukan “Batmobile” berkat paket aerodinamis mobil balap yang dramatis. Sekarang, tujuh tahun kemudian, BMW akhirnya mewujudkan konsep itu, menghidupkan kembali papan nama 3.0 CSL untuk mobil sport edisi terbatas baru yang berupaya menyaring nilai inti divisi M dan sejarah olahraga motor termasyhurnya ke dalam satu kendaraan.

Sementara bentuk kabin dan proporsi keseluruhan menunjukkan bahwa 3.0 CSL berbagi tulang dengan M4 generasi saat ini, bodywork 3.0 CSL unik dan salah satu desain paling menarik yang diproduksi BMW akhir-akhir ini. Kami tentu saja tidak akan menyebut grilnya kecil, tetapi tidak terlalu besar seperti unit pada SUV super M4, i7 baru, atau XM, dan trim aluminium satinnya mengalir rapi ke lampu depan bersudut. Spatbor yang menonjol dan pengaturan sayap belakang ganda dengan jelas mengingatkan pada “Batmobile” 3.0 CSL asli, seperti halnya dua saluran masuk udara melingkar yang diukir di bemper depan dan sirip kecil yang menonjol dari kap mesin.

Lampu depannya menampilkan lampu laser LED berwarna kuning—menghubungkan ke mobil balap M4 GT3—dan LED lampu belakang yang rumit dan kurus mengingatkan pada M4 CSL. Lengkungan roda yang kokoh menampung roda pengunci tengah berwarna emas berukuran 20 inci di depan dan 21 inci di belakang, dibungkus dengan ban Michelin yang dikembangkan secara khusus. Mobil sport edisi khusus ini juga menonjol berkat livery yang terinspirasi dari olahraga motor, dengan cat putih beraksen garis-garis dalam warna BMW M tradisional seperti livery pada pembalap tahun 1970-an. Hampir semua bodywork dibuat dari plastik yang diperkuat serat karbon (CFRP), dengan anyaman terlihat di elemen trim bawah, sayap belakang, dan tulisan di atap, dan sebagian besar komponen karbon diproduksi dengan tangan.

Twin-turbo 3.0-liter inline-six yang sama ditemukan di M3 dan M4 terletak di jantung 3.0 CSL, tetapi telah disetel untuk menjadikannya inline-six paling bertenaga yang pernah digunakan di mobil BMW M yang legal di jalan raya. , mengeluarkan 553 tenaga kuda, peningkatan 50 poni selama Kompetisi M4. Output torsi tetap pada 406 pound-feet, sama dengan M4 non-Kompetisi, dan semua dorongan ini dikirim ke roda belakang melalui transmisi manual enam kecepatan. Mesin 3.0 liter memanfaatkan pengetahuan teknis dari program balap DTM BMW, dengan bak mesin yang kaku, poros engkol ringan yang ditempa, dan inti kepala silinder yang dicetak 3D, serta suplai oli dan sistem pendingin yang dirancang khusus.

Untuk membantu mengelola semua tenaga itu, diferensial M aktif di gandar belakang bekerja dengan kontrol stabilitas untuk mempertahankan traksi dan mencegah pengemudi membenturkan mobil sport edisi terbatas mereka ke dinding. Suspensi depan menggunakan double-joint spring strut setup sedangkan suspensi belakang adalah desain multi-link, dipasangkan dengan peredam adaptif dan power steering listrik dengan rasio variabel. Rem karbon-keramik digunakan untuk memperlambat 3.0 CSL, dengan penghenti kaliper tetap enam piston di depan dan rem kaliper tetap satu piston di belakang. Kaliper dicat merah, dan sistem kontrol traksi memiliki 10 tingkat intervensi yang dapat dipilih, membantu menyesuaikan pengalaman berkendara.

Kabin membuang kursi belakang untuk kompartemen penyimpanan yang dapat memuat dua helm, dan serat karbon telah menyusup ke dalam kokpit, dengan CFRP di panel pintu dan dua kursi bucket memanfaatkan material ringan secara ekstensif. Desain dasbor sebagian besar mirip dengan M4, dan Alcantara hitam menutupi jok, setir, dan bagian dasbor. Jahitan kontras putih melengkapi kenop perpindahan gigi yang unik, yang memiliki desain retro dengan angka 50 terukir di dalamnya untuk mengingatkan Anda betapa eksklusifnya 3.0 CSL.

Angka itu merujuk pada fakta bahwa BMW hanya akan membangun 50 unit 3.0 CSL, dengan seluruh produksi berlangsung hanya tiga bulan di pabrik BMW Dingolfing di Moosthenning, Jerman. Belum ada kabar tentang harga, tetapi mengingat produksi terbatas, kami perkirakan harganya jauh lebih mahal daripada harga awal M4 Competition coupe $ 79.595, dan kemungkinan bahkan lebih tinggi daripada biaya M4 CSL $ 140.895. Calon pembeli juga harus bertindak cepat—dengan begitu sedikitnya unit yang tersedia, mungkin tidak akan lama sebelum semuanya tersentak.

Konten ini diimpor dari jajak pendapat. Anda mungkin dapat menemukan konten yang sama dalam format lain, atau Anda mungkin dapat menemukan lebih banyak informasi di situs web mereka.

Konten ini diimpor dari jajak pendapat. Anda mungkin dapat menemukan konten yang sama dalam format lain, atau Anda mungkin dapat menemukan lebih banyak informasi di situs web mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *