• Tue. Jul 16th, 2024

2022 Morgan Super 3 Sangat Eksentrik

Morgan tidak pernah mengikuti kawanan, dan sebagai pembuat mobil yang lebih besar dan lebih masuk akal terus berhemat powerplants mereka (atau swap ke tenaga listrik seluruhnya), pembuat mobil sport Inggris telah pergi ke arah lain. Morgan 3 Wheeler terakhir menggunakan mesin dua silinder berpendingin udara, tetapi yang baru telah ditingkatkan dengan tiga silinder berpendingin air yang lebih canggih. Jangan khawatir, itu menyimpulkan akal sehat Morgan ini.

Cukup mengkategorikan Super 3 baru adalah sebuah tantangan. Ini bukan mobil, karena terus kekurangan roda keempat yang secara luas dianggap sebagai kualifikasi penting untuk sebuah mobil. Tapi juga bukan sepeda motor, dengan roda kemudi, tuas persneling, dan pedal—ditambah titik kontak ekstra dengan tanah. Sebagai sepeda roda tiga bermotor itu telah membagi legislator dunia. Di Eropa, lampu depannya harus dipasang di luar seperti mobil, seperti yang Anda lihat pada gambar dari perjalanan kami di Inggris. Tapi di Amerika Serikat lampu akan duduk di bukaan tengah seolah-olah itu adalah sepeda motor roda tiga.

Sementara model Super 3 adalah kendaraan baru, dasar-dasarnya tetap sangat mendasar. Tidak memiliki pintu, atap, dan kaca depan di luar deflektor kaca plexiglass yang dipasang dengan baut kecil. Tetapi menurut standar Morgan, Super 3 adalah tur de force teknis, kendaraan pertama yang diproduksi perusahaan Inggris dalam 113 tahun sejarahnya yang menampilkan konstruksi unibody. Tidak seperti setiap Morgan sebelumnya, termasuk model roda empat perusahaan saat ini, tidak ada lagi bingkai yang menggabungkan kayu Inggris lama di bawah bodywork. Di Super 3, bagian aluminium dilas menjadi struktur yang terintegrasi.

V-twin bergaya Harley-Davidson dari 3 Wheeler lama adalah pembangkit tenaga yang sangat karismatik, tetapi juga sudah ketinggalan zaman. Mesin berpendingin udara itu berjuang untuk melewati standar emisi sepeda motor yang relatif ringan, yang tercermin dalam hilangnya tenaga secara progresif. Itu menghasilkan 116 tenaga kuda ketika diluncurkan pada 2011, tetapi hanya 82 kuda pada saat pensiun, karena dicekik seperti V-8 era Malaise. Tiga mesin 1,5 liter baru berasal dari Ford (Morgan selalu agnostik dalam memilih pembangkit listrik), dan membawa output puncak 118 kuda dan torsi 110 pound-feet. Super 3 beratnya hanya 1400 pon atau lebih, memberikan rasio power-to-weight yang sigap untuk sesuatu dengan satu roda yang digerakkan. Tenaga mencapai ban belakang melalui transmisi manual lima kecepatan yang bersumber dari Mazda Miata generasi lama, ditambah drivebelt bevel gear-turned.

Super 3 terlihat konyol dan mengagumkan pada saat bersamaan. Morgan telah memberikan mobil baru—yang kehilangan perhiasan mengkilap dari kepala silinder kembar yang lama—ujung depan yang lebih modern dengan penutup mesin melengkung di atas anggota silang paduan yang menempatkan lengan suspensi. Di belakang itu, bentuk dasar mobil sangat mirip badan pesawat, tetapi dengan panel samping datar yang menyembunyikan radiator dan menampilkan titik pemasangan untuk apa yang dijanjikan Morgan akan menjadi berbagai tas bagasi dan aksesori. Ada juga sedikit ruang di bawah bagasi belakang.

Cara masuknya sederhana, meskipun mungkin lebih sulit bagi mereka yang memiliki kaki lebih pendek. Ada pelat langkah yang dimiringkan dengan hati-hati di depan kursi tempat Anda mengayunkan pergelangan kaki, lalu menopang diri Anda di roll hoop sebelum meluncur ke bawah. Kursi tidak dapat dipindahkan; seperti pesawat kecil, Super 3 sangat sensitif terhadap perubahan massa. Tapi kotak pedal bisa disesuaikan, begitu juga rake setir. Kami merasa mudah untuk merasa nyaman, meskipun siku kami menggantung di luar kokpit di slipstream. Layar angin membelokkan cukup banyak angin (dan hujan), tetapi pengemudi Super 3 disarankan untuk memakai beberapa bentuk pelindung mata.

Instrumentasi disediakan oleh dua dial digital melingkar—satu untuk kecepatan, satu untuk rpm engine dan ketinggian bahan bakar—dengan switchgear terbatas pada tangkai lampu sein dan sakelar untuk lampu, klakson, dan, di bawah penutup, tombol start engine. Berita baiknya adalah interiornya sepenuhnya tahan air. Dua kali lipat, dalam tradisi musim panas terbaik Inggris, hujan terus turun saat kami memulai uji coba dari pabrik di Malvern.

Sangat jelas bahwa Morgan roda tiga ini telah dibangun dan direkayasa dengan standar yang jauh lebih tinggi daripada yang lama. 3 Wheeler terakhir memiliki pesona yang besar tetapi kekurangan kecanggihan. Itu kasar, tidak nyaman, dan tidak konsisten, dengan kombinasi strukturnya yang kurang solid dan suspensi primitif sehingga sulit untuk memprediksi apa yang akan dilakukan selanjutnya. Yang baru jauh lebih baik. Mobil yang kami kendarai adalah prototipe siklus akhir, dengan kepala desainer Morgan, Jonathan Wells, secara khusus ingin menunjukkan bahwa celah di tutup bagasi akan lebih ketat pada mobil produksi. Namun pengalaman berkendara mewakili apa yang akan dialami pelanggan.

Pergeseran Morgan dari mesin berpendingin udara ke air menyaingi pentingnya transisi serupa Porsche antara generasi 993 dan 996 dari 911. Mesin baru ini sangat cocok dengan Super 3. Morgan telah lama berhasil membuat powerplants sehari-hari terasa istimewa, dan kombinasi kalibrasi throttle cerdas dan knalpot rorty memberi kesan antusiasme — yang dibuktikan dengan kinerja yang hidup. Perusahaan mengklaim waktu 60-mph 6,9 detik mungkin tampak santai dengan standar mobil sport modern, tetapi akselerasi keras di Super 3 terasa jauh lebih menarik mengingat kurangnya perlindungan cuaca dan ban belakang yang sering berjuang untuk traksi. Dengan tachometer yang menampilkan angka daripada jarum yang diberikan, angka-angka itu berubah warna dan bergetar saat tiga-banger mendekati garis merah 6900-rpm.

Ban depan sempit 20 inci dikembangkan khusus Avons berukuran 130/90R-20. Dinding sampingnya yang menggelembung membuatnya terlihat seperti ban sepeda motor klasik, tetapi tapaknya yang rata membuatnya menjadi ban mobil yang efektif, lebih cocok untuk menangani sudut selip daripada profil karet sepeda yang lebih bulat. Sudut selip adalah sesuatu yang bisa dihasilkan oleh Super 3 dengan baik, terutama pada permukaan yang basah. Pegangan front-end sederhana tetapi menyerah secara progresif dan dengan transisi yang dikomunikasikan dengan jelas melalui kemudi tanpa bantuan. Di bagian belakang, ban all-season 195/65R-15 yang sengaja tidak lengket dipasang untuk menyeimbangkan tingkat daya rekat dari depan ke belakang. Keseimbangan ini cukup untuk memungkinkan garis menikung Super 3 dengan mudah diubah dengan akselerator. Pada kecepatan yang lebih tinggi, menekan lebih keras akan membuat mobil menjadi understeer yang lembut, sementara pelonggaran menyelipkan hidung ke dalam. Pada kecepatan yang lebih lembut, bagian belakang dapat dibujuk untuk meluncur, dan pada kerikil atau rumput basah, Super 3 dapat merobek donat yang sakit.

Memang, batas penanganan Super 3 yang rendah tidak membatasi kesenangan yang bisa didapat. Rasanya mengasyikkan bahkan di bawah 60 mph, dan gagasan untuk mencoba memverifikasi kecepatan tertinggi 130-mph yang diklaimnya benar-benar menakutkan. Kurangnya segala bentuk kontrol traksi atau stabilitas, atau bahkan ABS, berarti Super 3 harus dikendarai dengan tingkat rasa hormat yang lebih tinggi daripada kebanyakan mobil performa baru. Bahkan dengan ban depan di ambang penguncian saat pengereman, tampaknya tidak melambat terlalu cepat. Namun, kontrol yang akurat dan tertimbang dengan baik, serta umpan balik yang tajam memberikan banyak kepercayaan untuk apa yang akan terjadi selanjutnya. Upaya yang cukup besar telah dimasukkan ke dalam detail seperti bobot dan posisi pedal, untuk mendorong perpindahan tumit-dan-jari kaki, dan memastikan aksi perpindahan lima kecepatan sama manisnya dengan Miata yang awalnya dirancang untuk itu.

Untuk kendaraan yang menampilkan hampir tidak ada yang asing, Super 3 akan sangat dapat dikonfigurasi. Pembeli akan dapat memilih grafis eksterior serta warna dasar, ditambah berbagai aksesori yang akan dipasang pada sistem pemasangan pintar pada bodi. Perusahaan menganggap kemungkinan bahwa setiap build akan berbeda, yang, ketika Anda memikirkannya, cukup eksentrik. Sementara itu menjadi standar pada Morgan mana pun, Super 3 baru berjanji untuk membawanya ke tingkat yang baru ketika mencapai AS akhir musim panas ini.

spesifikasi

spesifikasi

2022 Morgan Super 3
Jenis Kendaraan: mesin depan, penggerak roda belakang, 2 penumpang, sepeda roda tiga terbuka tanpa pintu

HARGA
Harga dasar Inggris, dalam USD: $41,993; dengan PPN Inggris, $50,391

MESIN
DOHC 12-katup inline-3, blok dan kepala aluminium, injeksi bahan bakar port
Perpindahan: 91 inci31497 cm3
Tenaga: 118 hp @ 6500 rpm
Torsi: 110 lb-ft @ 4500 rpm

PENULARAN
manual 5 kecepatan

UKURAN
Jarak sumbu roda: 99,7 inci
Panjang: 141,0 inci
Lebar: 72,8 inci
Tinggi: 44,6 inci
Volume Penumpang: nyaman
Volume Kargo: sedikit, melalui rak eksternal
Berat Pengekangan (CD perkiraan): 1450 lb

PERTUNJUKAN (CD EST)
60 mph: 6,9 detik
Kecepatan Tertinggi: 130 mph

EKONOMI BAHAN BAKAR (CD EST)
Diklasifikasikan sebagai sepeda motor di AS, tidak akan diberi peringkat EPA
Gabungan: 33 mpg


klub trek

trackclub-inarticlesignup-final-a-1635171978.png

Konten ini dibuat dan dikelola oleh pihak ketiga, dan diimpor ke halaman ini untuk membantu pengguna memberikan alamat email mereka. Anda mungkin dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang ini dan konten serupa di piano.io