• Tue. Jul 23rd, 2024

2023 Maserati GranTurismo Folgore Merangkul Suara Keheningan

Di Amerika Serikat, di luar MC20 yang memukau, Maserati zaman modern memiliki bakat untuk tidak diperhatikan. Di kota kecil Italia, bagaimanapun, lambang Trident dan simfoni mesin yang berbeda memiliki kemampuan untuk menghentikan orang-orang yang ada di jalurnya. Persetujuan disampaikan melalui jempol dari pejalan kaki. Maserati GranTurismo Folgore 2023 dan kesunyiannya menghadirkan reaksi baru: garuk-garuk kepala.

Meskipun GranTurismo all-new Maserati ditawarkan dengan V-6 3.0-liter twin-turbocharged yang kuat, Folgore menghadirkan opsi powertrain lain: listrik. Folgore berbagi bodi dan gaya versi pembakaran internal, dengan satu-satunya isyarat visual yang berbeda adalah lencana Trident perunggu dan kaliper rem bersama dengan penghilangan pipa knalpot. Saat istirahat, tidak ada denting valvetrain dari bawah kap, tetapi soundtrack elektronik yang menggelegar disiarkan ke penonton. Heck, tudung Folgore hanya bisa dibuka oleh teknisi dealer.

Sementara soundtrack Folgore tidak akan menggetarkan batu bata bangunan kuno di dunia lama, itu mewakili perampokan Maserati ke masa depan listrik. Di bawah lembaran logamnya yang mencolok, terdapat tenaga yang sangat besar, berkat tiga motor listrik. Motor khusus Maserati — satu menggerakkan gandar depan dan dua menggerakkan belakang — adalah unit sinkron magnet permanen yang dibuat oleh Marelli Motori. Setiap motor dapat berputar hingga 17.500 rpm dan mampu menghasilkan 402 tenaga kuda dan daya dorong 332 pound-feet. Saat ini, output gabungan maksimum terbatas pada hanya 818 tenaga kuda. Membatasi motor dari potensi sebenarnya adalah paket baterai lithium-ion 83,0 kWh. Maserati memasukkan lebih banyak kemampuan ke dalam motor dan inverter sebagai persiapan untuk kemajuan berikutnya dalam teknologi baterai, yang diyakini akan terjadi beberapa tahun lagi.

2023 maserati grecale folgore

Maserati

Folgore memiliki struktur keseluruhan yang sama — meskipun diperkuat untuk mengakomodasi massa tambahan baterai — seperti model berbahan bakar bensin, tetapi sementara pabrikan lain memasang paket baterai berukuran kasur di lantai, Maserati mengambil pendekatan yang berbeda. Menempati bagian tengah, beberapa ruang “mesin”, dan sedikit ruang di belakang jok belakang adalah baterai berbentuk tulang anjing. Maserati mengakui bahwa memasukkan batu bata litium yang lebih tinggi dan kuat di bagian tengah mobil meningkatkan pusat gravitasi relatif terhadap kendaraan dengan paket baterai datar, tetapi keindahan dari desain ini adalah luas lantai tetap rendah dan tidak berpengaruh pada penumpang. ruang angkasa.

Rentang, Anda Bertanya?

Maserati merekayasa Folgore untuk menjadi senjata performa, dengan fokus pada jangkauan sebagai tambahan. Meskipun peringkat resmi EPA masih lama, kami memperkirakan Folgore harus menempuh jarak 240 mil dengan biaya tambahan. Arsitektur 800 voltnya memungkinkan elektron diisi ulang dengan cepat pada pengisi daya cepat DC pada puncak 270 kW, dan pengisian ulang dari 20 hingga 80 persen akan memakan waktu 18 menit, menurut Maserati. Untuk pengisian ulang AC Level 2, pengisi daya onboard akan mengirimkan hingga 22,0 kW ke paket, yang berarti Folgore dapat memanfaatkan sepenuhnya peralatan pengisian daya di rumah yang paling kuat.

2023 maserati grecale folgore

Maserati

Di belakang kemudi di kabin kulit yang ditata dengan mewah, visibilitas ke depan ditingkatkan dibandingkan GranTurismo generasi sebelumnya berkat logam yang dibentuk ulang dan pilar A yang lebih ramping. Itu bagus karena Folgore mampu mengaburkan dunia di depan.

Tidak kurang dari empat mode penggerak dapat dipilih dengan kenop yang dipasang di roda kemudi. Max Range menyatakan hal yang jelas, mengekstraksi setiap mil yang mungkin dari baterai dengan memutar kembali daya dan membatasi kecepatan tertinggi hingga 81 mph. Pengaturan default, GT, membuat pegas udara standar dan peredam yang dikontrol secara elektronik tetap rileks dan memungkinkan hingga 80 persen output powertrain. Pengalaman Folgore yang sebenarnya dimulai dengan mode Sport, di mana daya penuh dibuka dan suara yang dipompa diperkuat. Trek audio yang disintesis juga dapat dimatikan.

Pencari sensasi harus melanjutkan ke pengaturan Corsa. Ini memutar kembali parameter kontrol traksi dan stabilitas, menurunkan pegas udara, dan mengencangkan peredam. Selain itu, kluster instrumen digital 12,2 inci menampilkan kondisi termal baterai. Dalam pengaturan Corsa, dan ketika status pengisian baterai melebihi 80 persen, Max Boost dapat diakses melalui layar sentuh tengah berbasis Uconnect yang sudah dikenal. Max Boost menyiapkan paket baterai untuk akselerasi maksimum dan melepaskan semua 818 kuda. Dengan kontrol peluncuran diaktifkan, melepaskan pedal rem mendorong bilah bahu ke sandaran kursi yang nyaman dengan gaya penyesuaian chiropractor. Maserati mengklaim 60 mph tiba dalam 2,7 detik. Kami mempercayainya. Max Boost juga membuka tiga pengaturan vektor torsi dan kontrol traksi yang dapat dipilih. Ada juga mode Ketahanan di dalam Corsa untuk memaksimalkan paket baterai untuk penggunaan trek.

maserati grecale folgore 2023

Mobil dan Pengemudi

Memperlambat sedikit, Folgore dengan cepat menavigasi jalan lereng bukit yang berkelok-kelok di utara Roma. Kemudi selalu berada di sisi spektrum yang lebih ringan, dan cuaca dingin di bulan Januari serta ban musim dingin menghalangi kami untuk mencapai batas. Ada cukup banyak getaran dari suspensi depan dan belakang multi-link, tetapi harus diakui, Maserati mengatakan masih memiliki waktu beberapa bulan untuk menyempurnakan kualitas kendara. Tenaga pengereman berasal dari rem yang digunakan bersama dengan GranTurismo bertenaga gas. Di depan, kaliper enam piston menjepit rotor bor silang 15,0 inci, sementara rotor belakang bor silang 13,8 inci dijepit oleh kaliper empat pot. Pedal terasa ringan, dan massa tambahan di Folgore membuat rem bekerja keras. Itu agak memprihatinkan, mengingat kecepatan tertinggi Folgore diklaim 202 mph, menjadikannya salah satu EV tercepat di jalan.

Secara keseluruhan, GranTurismo Folgore adalah coupe yang luar biasa dengan ruang yang cukup untuk empat orang dewasa. Dan meskipun tidak memiliki karakter mesin pembakaran internal merek, baik dulu maupun sekarang, kecepatannya pasti tidak berkurang. Kami memperkirakan Folgore mulai dari $215.000 saat tiba musim gugur ini. Apakah upcharge atas varian bertenaga gas itu layak atau tidak bagi para setia Maserati masih harus dilihat. Kami pikir mereka tidak akan peduli. Ini semua tentang dilihat, bukan didengar.

Spesifikasi

Spesifikasi

2023 Maserati GranTurismo Folgore
Tipe Kendaraan: motor depan dan belakang, all-wheel-drive, 4-penumpang, coupe 2 pintu

HARGA(CD EST)
Basis: $215.000

POWERTRAIN
Motor Depan: AC sinkron magnet permanen, 402 hp, 332 lb-ft
Motor Belakang: 2 AC sinkron magnet permanen, 402 hp, 332 lb-ft (masing-masing)
Tenaga Gabungan: 818 hp
Torsi Gabungan: 995 lb-ft
Paket Baterai: litium-ion berpendingin cairan, 83,0 kWh
Pengisi Daya Terpasang: 22,0 kW
Laju Pengisian Cepat DC Puncak: 270 kW
Transmisi: penggerak langsung

UKURAN
Jarak sumbu roda: 115,3 inci
Panjang: 195,2 inci
Lebar: 77,0 inci
Tinggi: 53,3 inci
Volume Batang: 10 kaki3
Berat kekang (CD perkiraan): £5000

PERTUNJUKAN (CD EST)
60 mph: 2,7 detik
100 mph: 6,6 detik
1/4-Mile: 10,9 dtk
Kecepatan Tertinggi: 202 mph

EKONOMI BAHAN BAKAR EPA (CD EST)
Gabungan/Kota/Jalan Raya: 100/110/90 MPGe
Jangkauan: 240 mil