BMW M3 CS 2024 Menurunkan Berat Badan dan Meningkatkan Tenaga

  • BMW M3 CS 2024 memulai debutnya sebagai versi yang lebih hardcore dari Kompetisi M3 yang berfokus pada trek.
  • M3 CS twin-turbo 3.0-liter straight-six ditingkatkan dari 503 kuda Kompetisi menjadi 543, menyamai M4 CSL 2023.
  • M3 CS baru akan mulai dari $ 119.695 ketika produksi terbatasnya dimulai Maret ini.

Dari generasi ke generasi, perpaduan halus antara performa yang mendebarkan dan pengaturan yang nyaman telah menjadikan BMW M3 nama rumah tangga. Namun, dengan debut M3 CS 2024, BMW membuang tampilan sedan biasa yang layak huni untuk keuntungan on-track yang signifikan, karena ini bahkan lebih hardcore daripada Kompetisi M3 yang berfokus pada trek.

Memanfaatkan Peningkatan Maksimum

Perubahan utama yang memisahkan M3 CS edisi terbatas dari jajaran lainnya adalah output daya yang lebih tinggi. BMW menyetel ulang twin-turbo 3.0-liter lurus-enam CS untuk menghasilkan 40 tenaga kuda lebih banyak dari Kompetisi 503-hp (dan 70 lebih banyak dari M3 standar 473-hp) dengan total 543 hp. Sebagian besar tenaga ekstra dihasilkan dari menaikkan tekanan dorongan mesin dari 24,7 psi di Comp menjadi 30,5 psi di CS. Torsi tetap sama di kedua versi di 479 pound-feet.

Dengan teknologi yang berasal dari mobil balap M4 GT3, sistem pendingin CS tidak hanya dirancang untuk menangani tenaga tambahan, tetapi juga kesulitan penggunaan lintasan. Dudukan mesin secara signifikan lebih kaku untuk menciptakan hubungan yang lebih kaku antara mesin dan struktur mobil, seperti pada M4 CSL. Karena itu, perkirakan kebisingan, getaran, dan kekerasan akan lebih terasa.

Setiap M3 CS memiliki transmisi otomatis delapan kecepatan dengan sistem penggerak semua roda bias belakang. Menu M Setup memungkinkan pengemudi beralih dari pengaturan xDrive “4WD” ke “4WD Sport” yang mengarahkan lebih banyak torsi mesin ke roda belakang. Atau, seperti di Kompetisi all-wheel-drive, pengemudi yang mencari kejahatan menyamping dapat mematikan kontrol stabilitas dan mengaktifkan “2WD”, yang mengirimkan tenaga langsung ke roda belakang. BMW mengklaim roket M3 CS baru dari nol hingga 60 mph dalam 3,2 detik. Kecepatan tertingginya dikatakan dibatasi secara elektronik hingga 188 mph (bila dilengkapi dengan paket M Driver).

Penyajian Serat Karbon yang Murah Hati

Untuk memotong sebanyak mungkin pound dari Kompetisi, BMW menggunakan plastik yang diperkuat serat karbon dalam jumlah besar pada M3 CS. Atap, kap mesin, splitter depan, intake udara depan, tutup kaca spion eksterior, diffuser belakang, spoiler belakang, konsol tengah, tuas persneling, dan strip trim interior semuanya terbuat dari bahan yang ringan. Bahkan peredam belakang titanium yang dipasang pada knalpot CS dikatakan menghemat lebih dari delapan pound dibandingkan sistem standar. Dalam bahasa Bimmer, CS adalah singkatan dari Competition Sport, yang dalam kasus M3 CS 2024 berarti kehilangan sekitar 75 pound dibandingkan dengan M3 Competition dengan kursi M Sport standar. Meskipun itu tidak mengesankan seperti penurunan berat 240 pon M4 CSL, itu masih kira-kira satu kelas empat lebih ringan daripada M3 Comp.

Satu set ban berperforma tinggi 275/35ZR-19 depan dan 285/30ZR-20 belakang Michelin Pilot Sport Cup 2 adalah opsi tanpa biaya pada M3 CS (satu set yang berdiri sendiri saat ini berharga $1874 di Rak Ban). Jika Cup 2 tidak dipilih, CS menjadi standar dengan ban musim panas yang lebih konvensional dalam ukuran yang sama. Terlepas dari karetnya, model CS berguling di atas roda khusus emas perunggu atau hitam matte khusus M dengan desain V-spoke eksklusif.

Kursi berpemanas yang dapat disetel daya bersifat opsional di M4 CSL tetapi standar di M3 CS. Joknya dilapisi kulit Merino dan menampilkan tampilan unik yang memadukan warna hitam dengan aksen merah Mugello dan jahitan kontras yang khas. Plus, berbeda dengan CSL, teman atau keluarga bisa ikut, karena CS sebenarnya memiliki kursi belakang.

BMW mengatakan M3 CS 2024 akan menjadi model produksi terbatas, tetapi perusahaan belum mengatakan berapa totalnya. Sebagai perbandingan, M4 CSL 2023 hanya diproduksi sebanyak 1000 unit di seluruh dunia. Jadi, kami berharap M3 CS akan diproduksi dalam jumlah yang sama. Either way, penggemar M3 yang merasa Kompetisi tidak memberikan teater track-day yang cukup pasti akan lebih terhibur dengan versi CS.

BMW M3 CS 2024 mulai dari $119.695 dan dijadwalkan mulai diproduksi pada bulan Maret tahun ini.

Konten ini diimpor dari jajak pendapat. Anda mungkin dapat menemukan konten yang sama dalam format lain, atau Anda mungkin dapat menemukan lebih banyak informasi di situs web mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *