Pencuri Logam Mulia Mengambil Dari Catalytic Converters

Pencurian catalytic converter telah meningkat selama beberapa tahun terakhir dan tidak menunjukkan tanda-tanda melambat, karena harga logam mulia yang dikandungnya terus meroket. Menurut Biro Kejahatan Asuransi Nasional, pencurian catalytic converter mengalami peningkatan luar biasa 325 persen dari 2019 hingga 2020. Sebagian besar dapat dikaitkan dengan keadaan rantai pasokan global dan harga logam mulia yang memungkinkan catalytic converter berfungsi.

Konverter katalitik adalah perangkat berbentuk knalpot yang merupakan bagian dari sistem pembuangan yang menghilangkan polutan berbahaya dari emisi mesin. Bagian dalam catalytic converter berisi struktur sarang lebah yang dilapisi dengan logam mulia. Logam mulia tersebut bertindak sebagai katalis untuk memecah polutan berbahaya tersebut dan mengubahnya menjadi emisi yang kurang berbahaya. (Ini adalah video yang menunjukkan cara kerjanya.) Mesin mengeluarkan gas berbahaya seperti hidrogen, karbon monoksida, dan nitrogen oksida, dan proses katalis di dalam catalytic converter mengubahnya menjadi zat yang kurang berbahaya seperti air, karbon dioksida, dan nitrogen .

Konverter katalitik modern biasanya memiliki dua tahap dengan tahap pertama menjadi katalis reduksi, yang ada untuk menghilangkan nitrogen oksida, dan tahap kedua menjadi katalis oksidasi, yang menghilangkan karbon monoksida dan hidrokarbon yang tidak terbakar. Tahapan ini biasanya didukung oleh struktur katalis cerium dan keramik sarang lebah dan dilapisi dengan logam mulia mahal yang dicari pencuri.

Tiga logam mulia yang paling sering terkandung di dalam catalytic converter adalah platinum, rhodium, dan paladium. Ketiganya telah melihat lonjakan harga ketika pandemi melonjak dan ketika rantai pasokan global melambat. Menurut kitco.com, harga spot Rhodium naik dari $2.300 per ons pada Januari 2019 menjadi lebih dari $14.000 per ons pada Desember 2020, jadi tidak mengherankan jika NICB mencatat pencurian dalam tiga digit. Kenaikan harga Rhodium tidak berhenti pada tahun 2020 karena memuncak pada harga $27.000 per ons pada April 2021 dan masih jauh di atas level 2019 dengan harga saat ini di atas $11.000 per ons.

Kenaikan platinum dan paladium tidak terlalu drastis, tetapi harga spot masih naik dibandingkan harga tahun 2019 dan harga paladium secara kasar naik dua kali lipat dari awal tahun 2019 hingga akhir tahun 2020. Meskipun harga tersebut telah stabil sampai batas tertentu, paladium masih naik lebih dari 30 persen hari ini dibandingkan dengan awal tahun 2019. Pandemi COVID-19 berdampak pada pasokan logam mulia tersebut dan situasi ekonomi menyebabkan harga logam meningkat secara umum, yang mengakibatkan lonjakan harga dan peningkatan nilai bagi catalytic converter bekas yang dapat dicabik-cabik untuk mengekstrak logam mulia ini.

Menurut Majalah Waste Advantage, rata-rata catalytic converter mengandung tiga hingga tujuh gram platinum, dari dua hingga tujuh gram paladium, dan dari satu hingga dua gram rhodium. Harga saat ini pada bulan Juni 2022 menempatkan platinum sekitar $30 per gram, paladium sekitar $60 per gram, dan rhodium sekitar $440 per gram. Mempertimbangkan harga tersebut memungkinkan kita untuk melihat bahwa rata-rata catalytic converter dapat berisi platinum senilai $90 hingga $210, paladium senilai $120 hingga $420, dan rhodium senilai $440 hingga $880. Ini meninggalkan rata-rata catalytic converter dengan nilai logam mulia rata-rata dari mana saja di ratusan rendah hingga lebih dari $ 1.500 tergantung pada modelnya.

Sementara catalytic converter dapat memiliki logam mulia yang dinilai ke dalam empat angka, harga tersebut tidak seperti yang biasanya dilihat oleh pencuri. Mereka sering menjual ke pendaur ulang yang kemudian berbalik dan menjualnya ke fasilitas yang dapat mengekstraksi logam. Seorang pencuri kemungkinan akan melihat kurang dari setengahnya, tetapi pekerjaan itu masih berharga mengingat mereka bisa mendapatkan lebih dari $500 untuk model tertentu hanya dengan beberapa menit kerja. Isi dan jumlah logam mulia dalam catalytic converter tertentu sudah diketahui dengan baik, yang sering diterjemahkan ke model tertentu yang ditargetkan pada tingkat yang lebih tinggi.

Kita sering mendengar Toyota Prius pertengahan 2000-an menjadi sasaran pencurian ini dan itu bukan kebetulan. Mereka mengandung salah satu konverter katalitik yang dikemas dengan logam paling berharga yang dikenal sebagai model GD3. Grup Ecotrade saat ini menunjukkan model tersebut sebagai buku terlaris dan menunjukkan harga pasar lebih dari $600 untuknya saat ini. Unit dengan jumlah yang sama dari logam mulia ini dapat ditemukan di kendaraan lain pada zaman itu seperti Chevy Trailblazer, yang menggunakan catalytic converter yang dapat menghasilkan lebih dari $400 menurut kelompok daur ulang yang sama. Kendaraan yang lebih tinggi seperti Trailblazer seringkali lebih rentan terhadap pencurian jenis ini hanya dari sudut pandang kenyamanan; pencuri tidak perlu mendongkraknya dan cukup meluncur ke bawah dengan gergaji bertenaga baterai untuk memotong catalytic converter yang terbuka. Namun, tidak semua catalytic converter dibuat dengan cara yang sama, karena kami melihat harga jauh di bawah $100 untuk catalytic converter Chevrolet dan Toyota lainnya dari era yang sama, yang kemungkinan berarti jumlah logam mulia yang diketahui untuk nomor model spesifik tersebut.

Negara-negara mencoba untuk mengekang pencurian ini dengan memberlakukan undang-undang untuk membuat hukuman lebih keras pada mereka yang ditemukan dengan konverter katalitik yang dicuri bersama dengan undang-undang tentang bagaimana mereka dapat dijual tetapi ini adalah perjuangan berat yang terkait erat dengan harga logam mulia tersebut dan selama mereka tetap tinggi, banyak yang cenderung mengambil risiko mencoba memperoleh konverter katalitik yang berharga ini.

Konten ini dibuat dan dikelola oleh pihak ketiga, dan diimpor ke halaman ini untuk membantu pengguna memberikan alamat email mereka. Anda mungkin dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang ini dan konten serupa di piano.io

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *