2022 Hyundai Kona N vs. Cherohala Skyway

2022 Hyundai Kona N vs. Cherohala Skyway

Anda sering memiliki Cherohala untuk diri sendiri.

Marc UrbanoMobil dan Sopir

Dari edisi Juli/Agustus 2022 Mobil dan Sopir.

Di Cherohala Skyway, terkadang tikungan berjalan begitu lama, rasanya seperti Anda sedang mengendarai ham spiral. Tidak ada pompa bensin, tidak ada toko serba ada, dan tidak ada alasan yang jelas untuk pita trotoar sepanjang 43 mil ini. Ini menghubungkan Tellico Plains, Tennessee, dengan Robbinsville, North Carolina, dua tempat yang mungkin diakui penduduk mereka tidak pernah perlu dihubungkan. Mereka tidak sampai tahun 1996, ketika skyway selesai setelah 34 tahun konstruksi yang menelan biaya sekitar $ 100 juta.

Semuanya sebenarnya dimulai dengan lelucon di akhir tahun 50-an, ketika Klub Kiwanis mengorganisir kereta wagon melintasi pegunungan. Tapi Anda tahu bagaimana lelucon menjadi tidak terkendali—seseorang membuat komentar begitu saja, dan hal berikutnya yang Anda tahu, Anda memulai proyek konstruksi tiga dekade. Atau mungkin seseorang di Hyundai berkata, “Kita harus membuat Kona 286-hp yang meneror Volkswagen GTI,” dan sebelum mereka dapat mengatakan, “Hanya bercanda,” pabrik tersebut menyiapkan Kona N, yang mencapai 60 mph dalam 4,8 detik , menarik 0,95 g pada skidpad, dan memiliki knalpot yang terdengar seperti Jet Ski stand-up yang ditenagai oleh kembang api ilegal. Ini hanya untuk jalan yang terlihat seperti bagian terbaik dari Virginia International Raceway dengan acak. Untuk 43 mil.

Marc UrbanoMobil dan Sopir

TINGGI: Ledakan untuk dikendarai, harga murah, pengaturan mengubah kepribadiannya.

Keterpencilan Cherohala berarti sebagian besar dari kita akan menghadapi perjalanan yang sehat untuk sampai ke sana. Tetapi ia menawarkan drive yang layak untuk dikendarai, dan Kona N dapat mengendalikan keliarannya dan memainkan peran transportasi yang masuk akal ketika Anda hanya perlu pergi ke suatu tempat. Tutup knalpot aktif, atur peredam yang dapat disetel ke pengaturan paling lembut, beri tahu transmisi dan diferensial untuk rileks, dan klik jarak tempuh. Kemudian, ketika Anda mencapai tujuan Anda, batalkan semua itu dan biarkan N menunjukkan dirinya yang sebenarnya.

Kona N menyukai sudut.

Marc UrbanoMobil dan Sopir

Mobil ini adalah penipu, bajingan bersertifikat, punk mulut yang berpakaian kasual bisnis. Itu tidak terlihat gila — jika ada, spatbornya yang berwarna tubuhnya membuatnya terlihat lebih dewasa daripada beberapa Konas yang lebih rendah dengan penutup plastik hitamnya. Namun di bawah kulit crossover yang imut itu, N mendapat perombakan menyeluruh. Ini adalah salah satu mobil terakhir yang dikembangkan oleh kepala R&D Hyundai Albert Biermann sebelum pensiun Desember lalu, dan ini adalah pernyataan perpisahan.

hyundai kona n 2022 vs cherohala skyway

Di bawah kap gemuk Kona adalah turbo 2.0 liter inline-four yang menyemburkan 286 tenaga kuda dan torsi 289 pon-kaki. Ini terhubung ke kopling otomatis delapan kecepatan yang dilengkapi dengan diferensial selip terbatas yang dikontrol secara elektronik. Dibandingkan dengan Kona N-kurang, rotor rem ditingkatkan (14,2 inci di depan, 12,4 inci di belakang), motor power-steering dipasang di rak daripada dipasang di kolom, dan rasio kemudi lebih cepat. Suspensi mendapatkan peredam yang dapat disesuaikan serta ujung belakang multilink dari model all-wheel-drive. N dilengkapi dengan roda terbesar yang akan Anda temukan di Kona, 19 inci yang dibungkus dengan 235/40R-19 Pirelli P Zero PZ4. Membuka knalpot aktif menambah dua desibel sikap saat idle dan tiga di throttle terbuka lebar, bersama dengan geraman dan letupan off-throttle yang penuh semangat. Meskipun kurangnya perangkat keras all-wheel-drive, berbagai peningkatan kinerja menjadikan Kona N sebagai Kona non-listrik terberat dengan bobot 3343 pound, hanya lebih dari 50 pound lebih berat daripada Kona N Line AWD 2022. Tapi itu masih kelas terbang saat empat pintu pergi.

Tanda ini gagal untuk memperingatkan babi liar yang berkeliaran di luar Huckleberry Trailhead.

Marc UrbanoMobil dan Sopir

RENDAH: Hanya penggerak depan, bisa terlihat lebih istimewa, tombol merah besar di setir tidak membuatnya melaju lebih cepat.

Ini sangat cocok untuk SUV kecil, begitulah cara Hyundai dan EPA menggambarkan rasa ingin tahu yang besar ini. Kona N agak mirip dengan gerakan di bawah lutut—sulit untuk diklasifikasikan, tetapi tetap membuat pernyataan yang kuat. Untuk bagian kami, kami akan menunjukkan bahwa SUV bukan penggerak roda depan dengan siluet yang membangkitkan GTI yang mengenakan topi koboi busa baru. Dengan tinggi 61,6 inci, Kona menjulang 2,5 inci di atas raksasa off-road yang terkenal itu, Scion iQ lama, dan ground clearance 6,8 inci-nya kurang dari C8 Corvette dengan lift front-end yang diaktifkan (6,9 inci). Jadi, menurut properti transitif, Corvette juga SUV, tetapi hanya ketika mereka sedang menghadapi gundukan kecepatan.

Marc UrbanoMobil dan Sopir

Kami tidak menemukan peningkatan kecepatan di Cherohala, atau Corvette dalam hal ini, meskipun dalam perjalanan kami melihat Lamborghini Huracán Evo dan McLaren 570S menuju Tail of the Dragon. Di sisi Robbinsville, lalu lintas jarang terjadi dan menjadi lebih tipis saat Anda mendaki lebih tinggi—dari ketinggian 2.660 kaki di awal skyway hingga 5.390 kaki di Santeetlah Overlook. Yang mungkin bukan Rockies atau Sierra Nevadas, tetapi tetap membuat Anda senang memiliki turbocharger di hilir manifold buang.

Seperti beberapa mobil Biermann yang mungkin pernah Anda dengar (yang memakai lencana BMW M), Kona N menawarkan banyak penyesuaian untuk berbagai pengaturan berkendaranya. Ada kenop sederhana yang memilih beberapa mode prasetel—Sport, Eco, Normal—serta dua tombol N besar di roda kemudi yang menandai mode kustom. Ingin knalpot kencang dengan suspensi lembut dan penguncian agresif dari diff? Atur itu, dan itu hanya satu tombol. Untuk keperluan Chero-haulin’, kami hanya membuat mode yang membuat segalanya segila mungkin—knalpot yang keras, kemudi yang berat, suspensi yang kokoh, perpindahan gigi yang keras, respons throttle yang edgy. Tapi kami meninggalkan kontrol stabilitas pada pengaturan biasa. Batas Kona N tinggi, dan ini adalah jalan umum di mana lebih dari satu sudutnya dihiasi dengan salib peringatan darurat.

Stiker berikutnya: “Jersey Turnpike.”

Marc UrbanoMobil dan Sopir

PUTUSAN: Hot hatch baru favorit kami ingin Anda berpikir itu adalah SUV.

Di sini, Hyundai benar-benar dalam elemennya, seperti dirancang untuk rute khusus ini. Tidak seperti Tail of the Dragon, skyway memiliki beberapa penyapu panjang dan jalan lurus bercampur dengan sudut buta yang lebih rapat dan tikungan yang hampir membuat Anda pusing sebelum meluruskan diri lagi. Cengkeraman Hyundai luar biasa, dan roda mentransmisikan obrolan yang stabil dari jalan, sehingga Anda merasa di tangan Anda ketika trotoar tiba-tiba bertransisi dari halus dan segar di sisi Carolina Utara menjadi ditambal dan kering di Tennessee. Mendeteksi bahwa kami melakukan beberapa hijink, perangkat lunak transmisi N Track Sense Shift Kona mulai menurunkan gigi secara agresif untuk tikungan dan menahan gigi untuk redline dengan sendirinya. Anda masih dapat menggunakan paddle shift untuk mengganti persneling secara manual, tetapi Anda tidak sering menebak-nebak rasio.

Kona N berbagi mesinnya dengan Veloster N dan Elantra N. Fitur overboost sementara dapat meningkatkan tenaga kuda dari 276 menjadi 286.

Marc UrbanoMobil dan Sopir

Selain kenop mode drive dan tombol N preset, ada satu tombol lagi yang Anda inginkan: tombol merah besar di roda kemudi yang sepertinya harus memulai urutan penghancuran diri. Ini ditandai NGS, untuk N Grin Shift, dan mendorongnya memicu downshift yang hingar bingar, penghitung waktu mundur 20 detik, dan overboost sementara yang menurut Hyundai menambah 10 tenaga kuda. Jika kuda ekstra dilepaskan, mereka tidak dapat dideteksi oleh peralatan uji kami, tetapi 276 tenaga kuda yang dijadwalkan secara teratur cukup untuk mengirim seperempat mil dalam 13,4 detik dengan kecepatan 105 mph. Bahkan lebih baik, tidak ada terlalu banyak cahaya siang antara rip kontrol peluncuran 3000-rpm brutal hingga 60 mph (4,8 detik) dan start rolling off-boost (5,4 detik dari 5 hingga 60 mph), menggarisbawahi responsivitas 2,0 liter yang luar biasa. Cherohala tidak memiliki banyak zona passing, tetapi ketika Anda perlu mengirim straggler, Kona N mengencangkan tali dengan menekan tombol NGS itu. Dan ketika tikungan berikutnya tiba, rem besar itu terus-menerus menggosok kecepatannya tanpa memudar. Kami mencatat pemberhentian 168 kaki dari 70 mph.

Mengingat semua waktu, tenaga, dan uang yang dihabiskan di jalan ini, kami merasa beruntung bahwa kami dapat muncul dan mengendarainya secara gratis. Kona N juga merupakan puncak dari banyak upaya, dan jika harga dasar $ 35.495 tidak gratis, itu masih merupakan tawar-menawar bersertifikat untuk transportasi praktis yang dipenuhi dengan begitu banyak kegembiraan. Seperti Cherohala Skyway, tidak ada yang benar-benar membutuhkan Kona 286-hp. Tapi mereka tetap membangunnya, dan kita semua lebih baik untuk itu.

Interior Kona N terlihat seperti Konas yang lebih kecil, tetapi dengan tombol panik merah besar di setir.

Marc UrbanoMobil dan Sopir

Counterpoint

Kami menyadari bahwa crossover membayar tagihan. Kona N adalah alternatif empat pintu yang menarik dan cerdas untuk Veloster N yang funky, semua energi effervescent dan knalpot mendengus terikat dalam paket yang lebih laku. Tapi Hyundai menyia-nyiakan kesempatannya untuk memperbaiki salah satu kekurangan terbesar model N-nya: pengendaraan yang sangat kaku dan keras pada apa pun kecuali aspal yang baru dipasang. Untuk memenangkan kelompok pembeli baru yang dicari oleh merek N, Kona N harus memiliki sedikit pati dalam suspensinya. Maka tidak ada macchiatos yang akan keluar dari cupholder dalam perjalanan. —Mike Sutton

Kona N adalah tawaran kinerja, tapi alangkah baiknya bisa melupakan bagian tawar-menawar dari belakang kemudi. Sebaliknya, interior yang tampak murahan berfungsi sebagai pengingat bahwa Anda mungkin harus menghabiskan sedikit lebih banyak untuk BMW X2 M35i atau Mercedes-AMG GLA35. Sementara kabin plastik hitam dapat dimaafkan dalam Kona $ 22.000, itu tidak berfungsi dengan baik ketika harganya naik menjadi $ 35K. Kona N cepat, gesit, dan menyenangkan untuk dikendarai, begitu pula Elantra N dan Volkswagen Golf GTI. Bodi SUV subkompak Kona N membuatnya unik. Namun, interior membuatnya tidak menjadi istimewa. —Drew Dorian

spesifikasi

spesifikasi

2022 Hyundai Kona N
Tipe Kendaraan: mesin depan, penggerak roda depan, 5-penumpang, hatchback 4 pintu

HARGA
Dasar/Seperti yang Diuji: $35.495/$35.895
Pilihan: Cat Lunar White, $400

MESIN
turbocharged dan intercooler DOHC 16-katup inline-4, blok dan kepala aluminium, injeksi bahan bakar langsung
Perpindahan: 122 inci31998 cm3
Tenaga: 286 hp @ 6000 rpm
Torsi: 289 lb-ft @ 2100 rpm

PENULARAN
Kopling ganda 8-kecepatan otomatis

CASIS
Suspensi, F/R: struts/multilink
Rem, F/R: Cakram berventilasi 14,2 inci/12,4 inci cakram berventilasi
Ban: Pirelli P Zero PZ4
235/40R-19 96Y HN

UKURAN
Jarak sumbu roda: 102,4 inci
Panjang: 165,9 inci
Lebar: 70.9 inci
Tinggi: 61,6 inci
Volume Penumpang: 95 kaki3
Volume Kargo: 19 kaki3
Berat trotoar: 3343 lb

CD HASIL TES
60 mph: 4,8 detik
100 mph: 11,9 detik
1/4-Mil: 13,4 detik @ 105 mph
130 mph: 24,3 detik
Hasil di atas menghilangkan peluncuran 1 kaki 0,3 detik.
Mulai Bergulir, 5–60 mph: 5,4 dtk
Top Gear, 30–50 mph: 3,0 dtk
Top Gear, 50–70 mph: 3,7 detik
Kecepatan Tertinggi (klaim mfr): 149 mph
Pengereman, 70–0 mph: 168 kaki
Pengereman, 100–0 mph: 342 kaki
Roadholding, Skidpad 300-ft: 0,95 g

CD EKONOMI BAHAN BAKAR
Diamati: 20 mpg
Mengemudi di Jalan Raya 75-mph: 32 mpg
Rentang Jalan Raya: 420 mil

EKONOMI BAHAN BAKAR EPA
Gabungan/Kota/Jalan Raya: 23/20/27 mpg

CD PENGUJIAN DIJELASKAN


klub trek

Komunitas pecinta mobil untuk akses terbaik & pengalaman tak tertandingi. BERGABUNG SEKARANG

Konten ini dibuat dan dikelola oleh pihak ketiga, dan diimpor ke halaman ini untuk membantu pengguna memberikan alamat email mereka. Anda mungkin dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang ini dan konten serupa di piano.io

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *