• Tue. Jul 23rd, 2024

Bagaimana Cara Merawat Precious Stone Agar Tetap Berkilau? Simak Tipsnya Berikut Ini

BySuartini

Jul 10, 2024

Precious stone atau batu mulia, seperti berlian, ruby, safir, dan zamrud, memiliki daya tarik tersendiri karena kilau dan keindahannya. Namun, untuk menjaga keindahan tersebut, perawatan yang tepat sangatlah penting. Merawat precious stone tidak hanya mempertahankan kilau alaminya, tetapi juga memastikan batu mulia tersebut tetap awet dan tahan lama. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat precious stone agar tetap berkilau.

1. Bersihkan secara Teratur

Membersihkan precious stone secara teratur adalah langkah pertama yang harus dilakukan untuk menjaga kilauannya. Gunakan air hangat yang dicampur dengan sedikit sabun cair yang lembut. Rendam batu mulia tersebut selama beberapa menit, kemudian sikat perlahan dengan sikat gigi yang lembut. Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan kain lembut yang tidak berbulu.

2. Hindari Paparan Bahan Kimia

Bahan kimia seperti parfum, hairspray, dan produk pembersih rumah tangga dapat merusak kilauan precious stone. Pastikan untuk melepaskan perhiasan sebelum menggunakan produk-produk tersebut. Selain itu, hindari memakai perhiasan saat berenang di kolam renang yang mengandung klorin atau di air laut yang asin.

3. Simpan dengan Benar

Cara penyimpanan juga mempengaruhi keawetan dan kilauan precious stone. Simpan perhiasan batu mulia dalam kotak perhiasan yang empuk dan terpisah dari perhiasan lain untuk mencegah goresan. Jika memungkinkan, bungkus setiap perhiasan dengan kain lembut sebelum dimasukkan ke dalam kotak.

4. Hindari Suhu Ekstrem

Precious stone dapat mengalami kerusakan akibat paparan suhu ekstrem. Jangan meninggalkan perhiasan di tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin, seperti di dalam mobil yang terparkir di bawah sinar matahari langsung. Suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan perubahan warna atau retakan pada batu mulia.

5. Lakukan Pemeriksaan Rutin

Periksalah perhiasan precious stone secara rutin untuk memastikan tidak ada kerusakan atau goresan. Periksa juga bagian pengikat (setting) untuk memastikan batu mulia tetap terpasang dengan kuat. Jika ada kerusakan atau batu mulia tampak longgar, segera bawa ke ahli perhiasan untuk diperbaiki.

6. Hindari Aktivitas Berat

Saat melakukan aktivitas berat atau olahraga, sebaiknya lepaskan perhiasan precious stone. Aktivitas tersebut dapat menyebabkan perhiasan tergores, terjatuh, atau bahkan hilang. Lebih baik menyimpan perhiasan di tempat yang aman saat melakukan aktivitas yang berpotensi merusak.

7. Gunakan Lapisan Pelindung

Beberapa batu mulia, seperti opal dan zamrud, lebih rentan terhadap goresan dan kerusakan. Untuk jenis batu ini, pertimbangkan untuk menggunakan lapisan pelindung khusus yang dapat membantu melindungi permukaan batu mulia. Lapisan ini biasanya tersedia di toko perhiasan atau dapat diaplikasikan oleh ahli perhiasan.

8. Bersihkan Secara Profesional

Meskipun membersihkan perhiasan sendiri adalah langkah yang baik, membersihkan precious stone secara profesional setidaknya sekali dalam setahun sangat dianjurkan. Ahli perhiasan memiliki peralatan khusus dan pengetahuan untuk membersihkan batu mulia dengan lebih mendalam dan detail.

Kesimpulan

Merawat precious stone memerlukan perhatian dan kehati-hatian agar tetap berkilau dan indah. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat memastikan bahwa perhiasan batu mulia Anda tetap terlihat menawan dan bernilai. Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan secara teratur dan menghindari faktor-faktor yang dapat merusak kilauan precious stone.

Jika Anda mencari perhiasan precious stone berkualitas tinggi, Frank & co. adalah pilihan yang tepat. Mereka menyediakan berbagai koleksi perhiasan dengan batu mulia terbaik yang siap memperindah penampilan Anda. Kunjungi toko mereka atau situs web Frank & co. untuk melihat koleksi terbaru dan temukan perhiasan yang sesuai dengan gaya Anda.