• Tue. Jul 16th, 2024

Biaya Pembuatan BPJS

BySuartini

Oct 31, 2023

Hello, pembaca yang budiman! Apakah Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang biaya pembuatan BPJS? Jika iya, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang berbagai biaya yang terkait dengan pembuatan BPJS dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi keuangan Anda. Mari kita mulai!

1. Apa itu BPJS?

Sebelum membahas tentang biaya pembuatan BPJS, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu BPJS. BPJS adalah singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. BPJS bertujuan untuk melindungi masyarakat Indonesia dengan memberikan jaminan sosial dalam berbagai aspek, seperti kesehatan, ketenagakerjaan, dan kecelakaan.

2. Jenis-jenis BPJS

Terdapat beberapa jenis BPJS yang dapat Anda ikuti, yaitu BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, dan BPJS Kesehatan Mandiri. Setiap jenis BPJS memiliki biaya yang berbeda-beda. Mari kita lihat lebih lanjut mengenai biaya pembuatan BPJS ini.

3. Biaya Pembuatan BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan adalah program jaminan kesehatan yang ditawarkan oleh pemerintah Indonesia. Biaya pembuatan BPJS Kesehatan tergantung pada kategori peserta yang Anda pilih. Berikut adalah biaya pembuatan BPJS Kesehatan untuk masing-masing kategori peserta:

Kategori Peserta Biaya Pembuatan
Pekerja Penerima Upah (PBU) Rp25.500
Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Rp80.000
Peserta Bukan Pekerja (PBP) Rp42.000

4. Biaya Pembuatan BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan adalah program jaminan sosial yang melindungi pekerja dari risiko ketenagakerjaan, seperti kecelakaan kerja dan kematian. Biaya pembuatan BPJS Ketenagakerjaan tergantung pada penghasilan Anda. Berikut adalah biaya pembuatan BPJS Ketenagakerjaan berdasarkan penghasilan:

Penghasilan Biaya Pembuatan
Di bawah Rp1.000.000 Rp5.000
Rp1.000.000 – Rp5.000.000 Rp10.000
Di atas Rp5.000.000 Rp15.000

5. Biaya Pembuatan BPJS Kesehatan Mandiri

BPJS Kesehatan Mandiri adalah program jaminan kesehatan yang dapat diikuti oleh mereka yang tidak terdaftar dalam BPJS Kesehatan melalui perusahaan tempat mereka bekerja. Biaya pembuatan BPJS Kesehatan Mandiri tergantung pada usia Anda. Berikut adalah biaya pembuatan BPJS Kesehatan Mandiri berdasarkan usia:

Usia Biaya Pembuatan
Di bawah 35 tahun Rp87.500
35 tahun – 59 tahun Rp175.000
Di atas 59 tahun Rp262.500

6. Pembayaran Bulanan

Selain biaya pembuatan, Anda juga perlu membayar iuran bulanan untuk BPJS yang Anda ikuti. Besaran iuran bulanan tergantung pada pendapatan atau gaji bulanan yang Anda terima. BPJS mengatur besaran iuran bulanan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

7. Keuntungan Mengikuti BPJS

Meskipun mengikuti BPJS membutuhkan biaya, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Pertama, Anda akan mendapatkan jaminan kesehatan yang meliputi pemeriksaan kesehatan, obat-obatan, dan perawatan di rumah sakit. Kedua, Anda akan dilindungi dari risiko ketenagakerjaan, seperti kecelakaan kerja dan kematian. Ketiga, BPJS juga memberikan perlindungan finansial bagi keluarga Anda jika terjadi sesuatu pada Anda.

8. Cara Mendaftar BPJS

Untuk mendaftar BPJS, Anda dapat mengunjungi kantor BPJS terdekat atau melakukan pendaftaran melalui online melalui situs web resmi BPJS. Pastikan Anda membawa dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti KTP, KK, dan dokumen pendukung lainnya sesuai dengan jenis BPJS yang Anda pilih.

9. Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang biaya pembuatan BPJS yang meliputi BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, dan BPJS Kesehatan Mandiri. Biaya pembuatan tergantung pada kategori peserta, penghasilan, dan usia. Meskipun mengikuti BPJS membutuhkan biaya, jaminan kesehatan dan perlindungan ketenagakerjaan yang diberikan sangat berharga. Jadi, pastikan Anda mempertimbangkan untuk mendaftar BPJS dan melindungi diri serta keluarga Anda.