• Tue. Jul 23rd, 2024

Cara Bikin BPJS 2023

BySuartini

Dec 31, 2023
Cara Bikin BPJS 2023Cara Bikin BPJS 2023

Apa itu BPJS?

Hello pembaca! Sebelum kita membahas tentang cara membuat BPJS tahun 2023, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu BPJS. BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial merupakan sebuah perusahaan milik negara yang bertujuan untuk memberikan jaminan sosial kepada masyarakat Indonesia. BPJS terdiri dari dua bidang, yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Kesehatan memberikan jaminan kesehatan kepada peserta, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan memberikan jaminan ketenagakerjaan seperti jaminan kecelakaan kerja dan jaminan hari tua.

Kenapa Perlu Membuat BPJS?

Mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya, kenapa perlu membuat BPJS? Ada beberapa alasan mengapa kita perlu memiliki BPJS. Pertama, dengan memiliki BPJS Kesehatan, kita akan mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang lebih baik. BPJS Kesehatan memberikan jaminan biaya pengobatan, mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga tindakan medis yang lebih kompleks. Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan memberikan jaminan perlindungan ketenagakerjaan, seperti jaminan kecelakaan kerja dan jaminan hari tua.

Kedua, dengan memiliki BPJS, kita juga dapat melindungi diri dan keluarga dari risiko finansial yang mungkin terjadi akibat kecelakaan atau sakit. BPJS akan menanggung sebagian besar biaya pengobatan, sehingga kita tidak perlu khawatir akan biaya yang terlalu mahal. Ketiga, memiliki BPJS juga wajib bagi pekerja formal di Indonesia. Jadi, jika kita bekerja sebagai pegawai atau wiraswasta, wajib untuk memiliki BPJS Ketenagakerjaan.

Cara Membuat BPJS Kesehatan

Jika kita ingin membuat BPJS Kesehatan tahun 2023, berikut adalah langkah-langkahnya:

No Langkah-langkah
1 Datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan membawa kartu identitas (KTP)
2 Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan
3 Melengkapi persyaratan seperti fotokopi KTP, fotokopi kartu keluarga, dan fotokopi buku tabungan
4 Membayar iuran bulanan sesuai dengan kategori peserta yang dipilih
5 Mendapatkan kartu BPJS Kesehatan yang dapat digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS

Sangat mudah bukan? Jangan lupa untuk membawa semua persyaratan yang diperlukan agar proses pendaftaran berjalan lancar.

Cara Membuat BPJS Ketenagakerjaan

Bagi kita yang ingin membuat BPJS Ketenagakerjaan tahun 2023, berikut adalah langkah-langkahnya:

No Langkah-langkah
1 Datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dengan membawa kartu identitas (KTP) dan kartu BPJS Kesehatan
2 Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan
3 Melengkapi persyaratan seperti fotokopi KTP, fotokopi kartu keluarga, fotokopi kartu BPJS Kesehatan, dan fotokopi buku tabungan
4 Membayar iuran bulanan sesuai dengan kategori peserta yang dipilih
5 Mendapatkan kartu BPJS Ketenagakerjaan yang dapat digunakan untuk mendapatkan jaminan ketenagakerjaan

Setelah menyelesaikan proses pendaftaran, kita akan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dan mendapatkan perlindungan ketenagakerjaan yang diberikan oleh BPJS.

Kesimpulan

Pada tahun 2023, kita dapat mengikuti langkah-langkah di atas untuk membuat BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Dengan memiliki BPJS, kita akan mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang lebih baik dan perlindungan ketenagakerjaan. Jadi, jangan lupa untuk memiliki BPJS agar kita dapat hidup dengan tenang dan terlindungi dari risiko finansial. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca!