• Tue. Jul 23rd, 2024

Cara Membuat BPJS Melalui Online

BySuartini

Dec 24, 2023
Cara Membuat BPJS Melalui OnlineCara Membuat BPJS Melalui Online

Mempermudah Proses Pembuatan BPJS dengan Layanan Online

Hello! Apakah Anda ingin membuat BPJS namun tidak ingin repot dengan antrian panjang? Tenang saja, sekarang ini semuanya telah menjadi lebih mudah dengan adanya layanan online. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat BPJS melalui online dengan langkah-langkah yang sederhana dan mudah diikuti. Dengan kemudahan ini, Anda dapat mengurus BPJS Anda tanpa harus menghabiskan waktu berjam-jam di kantor BPJS. So, let’s get started!

1. Kunjungi situs resmi BPJS Kesehatan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi situs resmi BPJS Kesehatan di bpjs-kesehatan.go.id. Pastikan Anda menggunakan perangkat yang terhubung dengan internet agar dapat mengakses situs ini dengan mudah. Setelah masuk ke situs tersebut, carilah menu pendaftaran online atau registrasi online.

2. Registrasi sebagai peserta baru

Setelah menemukan menu pendaftaran online, kliklah menu tersebut dan Anda akan diarahkan ke halaman registrasi. Pada halaman ini, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran dengan beberapa informasi pribadi seperti nama lengkap, alamat, tanggal lahir, dan nomor identitas.

3. Verifikasi data pribadi dan buat akun

Setelah mengisi formulir pendaftaran, Anda perlu memverifikasi data pribadi yang telah Anda masukkan. Pastikan semua informasi yang Anda berikan sudah benar dan sesuai. Setelah itu, buatlah akun menggunakan email dan nomor telepon yang aktif. Akun ini akan digunakan untuk login ke situs BPJS Kesehatan di masa mendatang.

4. Pilih jenis layanan BPJS yang Anda butuhkan

Setelah membuat akun, Anda akan diarahkan ke halaman pemilihan jenis layanan BPJS yang sesuai dengan kebutuhan Anda. BPJS Kesehatan memiliki beberapa jenis layanan, seperti BPJS Kesehatan mandiri, BPJS Ketenagakerjaan, dan BPJS Pensiun. Pilih jenis layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Pilih paket pelayanan yang diinginkan

Setelah memilih jenis layanan, Anda perlu memilih paket pelayanan yang diinginkan. BPJS Kesehatan memiliki beberapa pilihan paket pelayanan dengan manfaat yang berbeda-beda. Pilihlah paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan membaca dengan teliti setiap detail manfaat yang ditawarkan.

6. Unggah dokumen-dokumen yang dibutuhkan

Setelah memilih paket pelayanan, Anda akan diminta untuk mengunggah dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Biasanya, dokumen yang dibutuhkan adalah fotokopi KTP, kartu keluarga, dan surat keterangan domisili. Pastikan Anda mengunggah dokumen-dokumen tersebut dalam format yang sesuai dan ukuran file yang tidak terlalu besar.

7. Lakukan pembayaran

Setelah mengunggah dokumen-dokumen, Anda akan diarahkan ke halaman pembayaran. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan, seperti transfer bank atau pembayaran melalui e-wallet. Lakukan pembayaran sesuai dengan jumlah yang ditampilkan di halaman tersebut.

8. Konfirmasi pembayaran

Setelah melakukan pembayaran, Anda perlu melakukan konfirmasi pembayaran agar proses pendaftaran Anda dapat segera diproses. Caranya adalah dengan mengunggah bukti pembayaran yang telah Anda lakukan. Setelah itu, tunggulah beberapa saat hingga Anda menerima konfirmasi bahwa pendaftaran Anda telah berhasil.

9. Cetak kartu BPJS

Setelah menerima konfirmasi, Anda dapat mencetak kartu BPJS Anda melalui situs BPJS Kesehatan. Kartu ini akan menjadi bukti bahwa Anda telah terdaftar sebagai peserta BPJS dan dapat digunakan saat Anda membutuhkan pelayanan kesehatan.

10. Aktivasi kartu BPJS

Setelah mencetak kartu BPJS, Anda perlu mengaktivasinya dengan cara datang ke kantor BPJS terdekat. Bawa kartu BPJS yang telah Anda cetak beserta dokumen-dokumen asli yang dibutuhkan, seperti KTP dan kartu keluarga. Petugas BPJS akan melakukan proses aktivasi kartu BPJS Anda.

11. Manfaatkan layanan BPJS

Setelah kartu BPJS Anda diaktivasikan, Anda dapat langsung memanfaatkan layanan BPJS Kesehatan yang telah Anda daftarkan. Jangan ragu untuk memanfaatkan fasilitas yang tersedia, seperti pelayanan kesehatan di rumah sakit atau klinik yang bekerjasama dengan BPJS.

12. Perbarui data secara berkala

Setelah Anda menjadi peserta BPJS, penting untuk memperbarui data pribadi Anda secara berkala. Hal ini bertujuan agar data yang tersimpan di BPJS tetap akurat dan sesuai dengan perkembangan kebutuhan Anda. Anda dapat memperbarui data ini melalui situs BPJS Kesehatan atau datang langsung ke kantor BPJS terdekat.

13. Manfaatkan fitur online BPJS

BPJS Kesehatan juga menyediakan fitur-fitur online yang dapat mempermudah Anda dalam mengakses informasi atau melakukan pengurusan terkait BPJS. Manfaatkan fitur-fitur ini, seperti cek saldo atau tagihan, pencarian rumah sakit atau klinik terdekat, atau pengajuan klaim secara online.

14. Jaga keamanan dan kerahasiaan akun

Selama menggunakan layanan BPJS Kesehatan secara online, jangan lupa untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan akun Anda. Jangan pernah membagikan informasi login Anda kepada orang lain dan pastikan Anda menggunakan perangkat yang aman saat mengakses situs BPJS Kesehatan.

15. Kesimpulan

BPJS Kesehatan melalui layanan online adalah cara yang mudah dan efisien dalam membuat dan mengurus BPJS. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memperoleh BPJS dengan cepat tanpa harus menghabiskan waktu berjam-jam di kantor BPJS. Manfaatkan fasilitas BPJS yang telah Anda dapatkan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang terjamin. Jadi, tunggu apalagi? Segera buat BPJS melalui online sekarang juga!

No Langkah Keterangan
1 Kunjungi situs resmi BPJS Kesehatan bpjs-kesehatan.go.id
2 Registrasi sebagai peserta baru Mengisi formulir pendaftaran dengan informasi pribadi
3 Verifikasi data pribadi dan buat akun Mengisi data pribadi yang benar dan membuat akun
4 Pilih jenis layanan BPJS yang Anda butuhkan BPJS Kesehatan mandiri, BPJS Ketenagakerjaan, atau BPJS Pensiun
5 Pilih paket pelayanan yang diinginkan Manfaat yang berbeda-beda sesuai kebutuhan
6 Unggah dokumen-dokumen yang dibutuhkan Fotokopi KTP, kartu keluarga, surat keterangan domisili
7 Lakukan pembayaran Transfer bank atau pembayaran melalui e-wallet
8 Konfirmasi pembayaran Mengunggah bukti pembayaran
9 Cetak kartu BPJS Sebagai bukti pendaftaran sebagai peserta BPJS
10 Aktivasi kartu BPJS Datang ke kantor BPJS terdekat dengan dokumen asli
11 Manfaatkan layanan BPJS Pelayanan kesehatan di rumah sakit atau klinik yang bekerjasama dengan BPJS
12 Perbarui data secara berkala Mengupdate data pribadi melalui situs BPJS Kesehatan atau kantor BPJS
13 Manfaatkan fitur online BPJS Cek saldo/tagihan, cari rumah sakit/klilik, atau ajukan klaim secara online
14 Jaga keamanan dan kerahasiaan akun Tidak membagikan informasi login dan menggunakan perangkat yang aman