• Wed. Jul 17th, 2024

Cara Daftar Aplikasi BPJSTKU

BySuartini

Dec 11, 2023

Mengenal BPJSTKU

Hello! Bagi Anda yang belum tahu, BPJSTKU adalah singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. BPJSTKU adalah aplikasi yang memungkinkan peserta program jaminan sosial dalam bentuk Jaminan Hari Tua (JHT) karyawan swasta untuk mengakses informasi terkait dengan kepesertaan mereka secara online.

Seiring dengan perkembangan teknologi, BPJSTKU hadir sebagai solusi untuk memudahkan peserta dalam mengelola dan memantau dana JHT mereka. Melalui aplikasi ini, para peserta dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi terkait dengan saldo JHT, melakukan klaim, dan berbagai fitur lainnya.

Persyaratan Pendaftaran

Sebelum Anda mulai menggunakan BPJSTKU, tentu saja Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Untuk mendaftar, Anda perlu memenuhi persyaratan berikut:

Persyaratan Keterangan
1. Nomor Induk Kependudukan (NIK) Melampirkan NIK yang tercantum pada kartu identitas Anda.
2. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Melampirkan NPWP Anda yang aktif.
3. Nomor Kartu Keluarga (KK) Melampirkan KK sebagai bukti hubungan keluarga Anda.
4. Nomor Telepon Seluler Memiliki nomor telepon seluler yang aktif.

Pastikan Anda telah memenuhi persyaratan di atas sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Langkah-langkah Daftar Aplikasi BPJSTKU

Setelah memastikan Anda telah memenuhi persyaratan pendaftaran, berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar aplikasi BPJSTKU:

1. Unduh Aplikasi BPJSTKU

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi BPJSTKU melalui Google Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS).

2. Buka Aplikasi dan Pilih “Daftar”

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi BPJSTKU, buka aplikasi tersebut dan pilih opsi “Daftar” pada halaman utama.

3. Isi Data Pribadi

Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk mengisi data pribadi Anda seperti NIK, NPWP, nomor telepon seluler, dan informasi lainnya sesuai dengan persyaratan yang telah disebutkan sebelumnya.

4. Verifikasi Nomor Telepon

Setelah Anda mengisi data pribadi, Anda perlu memverifikasi nomor telepon seluler yang Anda gunakan dengan memasukkan kode OTP (One Time Password) yang akan dikirimkan melalui SMS.

5. Buat Username dan Password

Setelah nomor telepon seluler berhasil diverifikasi, langkah selanjutnya adalah membuat username dan password untuk akun BPJSTKU Anda. Pastikan Anda mengingat username dan password ini untuk login di kemudian hari.

6. Selesaikan Pendaftaran

Setelah Anda berhasil membuat username dan password, Anda akan diberikan notifikasi bahwa pendaftaran Anda telah selesai. Selamat, Anda kini dapat menggunakan aplikasi BPJSTKU!

Manfaat Menggunakan Aplikasi BPJSTKU

Mendaftar dan menggunakan aplikasi BPJSTKU memberikan berbagai manfaat bagi peserta. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

  • 1. Kemudahan akses informasi saldo JHT secara real-time.
  • 2. Memudahkan proses klaim JHT tanpa perlu datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.
  • 3. Notifikasi otomatis mengenai pembayaran JHT.
  • 4. Memudahkan komunikasi antara peserta dan BPJS Ketenagakerjaan melalui fitur pesan.
  • 5. Terdapat fitur edukasi mengenai program-program BPJS Ketenagakerjaan.

Dengan menggunakan aplikasi BPJSTKU, peserta dapat lebih mudah mengelola dana JHT mereka dan mendapatkan informasi terkini mengenai program-program BPJS Ketenagakerjaan.

Kesimpulan

Dalam era digital seperti sekarang ini, aplikasi BPJSTKU hadir sebagai solusi untuk memudahkan peserta program jaminan sosial dalam mengelola dana Jaminan Hari Tua (JHT) mereka. Dengan langkah-langkah pendaftaran yang mudah dan persyaratan yang terjangkau, peserta dapat dengan cepat mendaftar dan menggunakan aplikasi BPJSTKU. Dengan fitur-fitur unggulan yang dimilikinya, aplikasi ini memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi peserta dalam mengakses informasi terkait dengan JHT mereka. Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftar dan nikmati manfaat dari aplikasi BPJSTKU sekarang juga!