• Tue. Jul 16th, 2024

Cara Daftar BPJS Lewat Aplikasi

BySuartini

Dec 26, 2023
Cara Daftar BPJS Lewat AplikasiCara Daftar BPJS Lewat Aplikasi

Pengantar

Hello! Selamat datang di artikel kami yang akan membahas tentang cara daftar BPJS lewat aplikasi. Dalam dunia yang semakin digital seperti sekarang ini, semakin banyak pelayanan publik yang dapat diakses melalui aplikasi. Salah satunya adalah pendaftaran BPJS Kesehatan. Dengan menggunakan aplikasi resmi BPJS, proses pendaftaran menjadi lebih mudah dan cepat. Mari kita simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Langkah 1: Unduh Aplikasi BPJS Kesehatan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi resmi BPJS Kesehatan. Aplikasi ini tersedia baik untuk pengguna Android maupun iOS. Anda bisa mencarinya di Google Play Store atau App Store dengan kata kunci “BPJS Kesehatan”. Setelah aplikasi terunduh, langsung lanjut ke langkah berikutnya.

Langkah 2: Buka Aplikasi dan Pilih Daftar

Buka aplikasi BPJS Kesehatan yang telah Anda unduh. Pada halaman utama, pilih menu “Daftar” untuk memulai proses pendaftaran. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil untuk menghindari kesalahan dalam proses pendaftaran.

Langkah 3: Isi Data Pribadi

Setelah memilih menu “Daftar”, Anda akan diminta untuk mengisi data pribadi. Pastikan semua informasi yang Anda masukkan akurat dan sesuai dengan identitas Anda. Beberapa data yang biasanya diminta adalah NIK, nama lengkap, jenis kelamin, tanggal lahir, dan alamat lengkap. Periksa kembali semua data yang telah Anda isi sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 4: Isi Data Keluarga

Jika Anda ingin mendaftarkan anggota keluarga, Anda juga dapat mengisi data keluarga pada langkah ini. Pastikan untuk memasukkan semua data keluarga dengan benar dan lengkap. Jika tidak ada anggota keluarga yang ingin didaftarkan, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 5: Pilih Jenis Peserta

Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk memilih jenis peserta BPJS Kesehatan yang ingin Anda daftarkan. Ada beberapa jenis peserta yang dapat dipilih, seperti peserta pekerja, peserta bukan pekerja, atau peserta mandiri. Pilih jenis peserta yang sesuai dengan status Anda.

Langkah 6: Pilih Pusat Pelayanan Terdekat

Setelah memilih jenis peserta, Anda akan diminta untuk memilih pusat pelayanan BPJS Kesehatan terdekat. Pilihlah pusat pelayanan yang paling nyaman dan dekat dengan tempat tinggal Anda. Hal ini akan memudahkan Anda dalam proses mendapatkan pelayanan kesehatan di kemudian hari.

Langkah 7: Unggah Dokumen

Langkah selanjutnya adalah mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan. Biasanya, dokumen yang diminta adalah fotokopi KTP, KK, dan surat nikah (jika ada). Pastikan semua dokumen yang Anda unggah dalam format yang benar dan jelas agar tidak terjadi kesalahan dalam proses verifikasi.

Langkah 8: Konfirmasi Data dan Selesai

Setelah melengkapi semua langkah di atas, periksa kembali semua data yang telah Anda isi. Jika semua data sudah benar, Anda dapat mengklik tombol “Daftar” untuk mengirimkan permohonan pendaftaran BPJS Kesehatan melalui aplikasi. Tunggu beberapa saat hingga proses verifikasi selesai. Jika tidak ada masalah, Anda akan menerima notifikasi melalui aplikasi bahwa pendaftaran Anda telah berhasil.

Kesimpulan

Pendaftaran BPJS Kesehatan melalui aplikasi sangatlah mudah dan cepat. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menjadi peserta BPJS Kesehatan tanpa harus repot mengurus administrasi secara manual. Jika Anda mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi call center BPJS Kesehatan untuk mendapatkan bantuan. Selamat mencoba!

Jenis Peserta Persyaratan
Peserta Pekerja Fotokopi KTP, Kartu Keluarga, dan Surat Nikah (jika ada)
Peserta Bukan Pekerja Fotokopi KTP, Kartu Keluarga, dan Surat Nikah (jika ada)
Peserta Mandiri Fotokopi KTP dan Surat Nikah (jika ada)