Cara Daftar BPJS Melalui Mobile JKN

Membuat Proses Daftar BPJS Jadi Lebih Mudah dengan Mobile JKN

Hello, pembaca! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara daftar BPJS melalui Mobile JKN. BPJS Kesehatan merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk memberikan perlindungan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Dengan adanya Mobile JKN, proses pendaftaran BPJS menjadi lebih mudah dan praktis. Simak artikel ini selengkapnya untuk mengetahui langkah-langkahnya!

Jika Anda belum memiliki BPJS Kesehatan, Anda dapat mendaftar melalui Mobile JKN. Mobile JKN adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai layanan terkait BPJS secara online, termasuk proses pendaftaran. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot mendatangi kantor BPJS atau mengisi berbagai formulir secara manual. Prosesnya bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja melalui smartphone Anda.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi Mobile JKN melalui Google Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS). Setelah aplikasi terunduh, buka aplikasi Mobile JKN dan ikuti langkah-langkah berikut:

No. Langkah
1 Buka aplikasi Mobile JKN
2 Pilih menu “Daftar BPJS”
3 Masukkan data pribadi Anda sesuai dengan yang tertera di KTP
4 Unggah foto KTP Anda
5 Masukkan nomor telepon yang aktif
6 Isi data alamat lengkap Anda
7 Setujui syarat dan ketentuan yang berlaku
8 Klik tombol “Daftar”

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan menerima SMS berisi kode verifikasi. Masukkan kode tersebut pada aplikasi Mobile JKN untuk memverifikasi nomor telepon Anda. Jika kode verifikasi berhasil, Anda akan diberikan nomor BPJS Kesehatan dan dapat langsung menggunakan fasilitas BPJS.

Sebagai informasi, setelah Anda berhasil mendaftar BPJS melalui Mobile JKN, Anda akan mendapatkan kartu peserta BPJS Kesehatan yang dapat diunduh melalui aplikasi. Kartu peserta ini dapat digunakan sebagai bukti kepesertaan saat mengunjungi fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Keuntungan lainnya dari menggunakan Mobile JKN adalah Anda dapat mengakses informasi mengenai tagihan dan riwayat penggunaan BPJS Kesehatan Anda. Semua informasi tersebut bisa dilihat secara real-time melalui aplikasi. Jadi, Anda tidak perlu lagi repot-repot mendatangi kantor BPJS hanya untuk mengecek tagihan atau riwayat penggunaan.

Demikianlah cara daftar BPJS melalui Mobile JKN. Dengan adanya aplikasi ini, proses pendaftaran dan penggunaan BPJS Kesehatan menjadi lebih mudah dan praktis. Jadi, tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasi Mobile JKN dan daftar BPJS sekarang juga!

Kesimpulan

Dengan adanya Mobile JKN, proses pendaftaran BPJS Kesehatan menjadi lebih mudah dan praktis. Anda dapat mendaftar BPJS melalui aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh melalui Google Play Store atau App Store. Langkah-langkahnya cukup sederhana, yaitu buka aplikasi Mobile JKN, pilih menu “Daftar BPJS”, isi data pribadi, unggah foto KTP, masukkan nomor telepon aktif, isi data alamat, setujui syarat dan ketentuan, lalu klik tombol “Daftar”. Setelah memverifikasi nomor telepon, Anda akan mendapatkan nomor BPJS Kesehatan dan kartu peserta BPJS yang dapat digunakan sebagai bukti kepesertaan. Selain itu, Mobile JKN juga memungkinkan Anda untuk mengakses informasi mengenai tagihan dan riwayat penggunaan BPJS Kesehatan secara real-time. Jadi, manfaatkan teknologi ini untuk memudahkan Anda dalam memanfaatkan layanan BPJS Kesehatan.