• Wed. Jul 17th, 2024

Cara Mendaftar BPJS Melalui Mobile JKN

BySuartini

Dec 12, 2023

Pengenalan

Hello! Apakah Anda ingin mendaftar BPJS melalui ponsel Anda? Jika iya, Anda datang ke tempat yang tepat. Di era digital ini, hampir semua hal bisa dilakukan melalui ponsel, termasuk mendaftar BPJS. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah detail tentang cara mendaftar BPJS melalui Mobile JKN. Mari kita mulai!

Langkah 1: Unduh Aplikasi Mobile JKN

Langkah pertama dalam mendaftar BPJS melalui ponsel adalah mengunduh aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini tersedia untuk diunduh secara gratis di Google Play Store dan App Store. Setelah mengunduh aplikasi tersebut, buka dan instal di ponsel Anda.

Langkah 2: Buka Aplikasi Mobile JKN

Setelah aplikasi Mobile JKN terinstal di ponsel Anda, buka aplikasi tersebut. Anda akan disambut dengan tampilan beranda yang menampilkan berbagai fitur dan layanan yang disediakan oleh BPJS Kesehatan melalui aplikasi ini.

Langkah 3: Pilih Menu “Pendaftaran”

Pada beranda aplikasi Mobile JKN, cari dan pilih menu “Pendaftaran”. Menu ini biasanya terletak di bagian bawah layar atau dalam menu navigasi tersembunyi.

Langkah 4: Pilih “Pendaftaran Baru”

Setelah memilih menu “Pendaftaran”, Anda akan melihat opsi untuk “Pendaftaran Baru”. Ketuk opsi ini untuk memulai proses pendaftaran BPJS.

Langkah 5: Isi Data Diri

Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk mengisi data diri Anda, seperti nama lengkap, tanggal lahir, alamat, nomor telepon, dan informasi lain yang diperlukan. Pastikan Anda mengisi semua informasi dengan benar dan teliti untuk menghindari kesalahan.

Langkah 6: Unggah Dokumen Identitas

Setelah mengisi data diri, Anda perlu mengunggah dokumen identitas seperti KTP, Kartu Keluarga, atau SIM. Pastikan dokumen yang diunggah adalah dokumen asli dan masih berlaku. Proses ini bertujuan untuk memverifikasi identitas Anda.

Langkah 7: Pilih Program BPJS

Setelah mengunggah dokumen identitas, Anda akan diminta untuk memilih program BPJS yang ingin Anda daftarkan, seperti BPJS Kesehatan atau BPJS Ketenagakerjaan. Pilih program yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Langkah 8: Pilih Jenis Peserta

Setelah memilih program BPJS, Anda perlu memilih jenis peserta yang ingin Anda daftarkan. Misalnya, Anda dapat memilih sebagai peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta Bukan Pekerja (BP).

Langkah 9: Pilih Jenis Pelayanan

Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk memilih jenis pelayanan yang ingin Anda terima dari BPJS. Misalnya, Anda dapat memilih pelayanan rawat inap, rawat jalan, atau keduanya.

Langkah 10: Pilih Fasilitas Kesehatan

Setelah memilih jenis pelayanan, Anda perlu memilih fasilitas kesehatan yang ingin Anda gunakan. Pilihan ini dapat berupa rumah sakit, klinik, atau dokter spesialis yang bekerja sama dengan BPJS.

Langkah 11: Tentukan Nominal Iuran

Pada langkah ini, Anda harus menentukan nominal iuran yang ingin Anda bayarkan setiap bulannya. Harga iuran tergantung pada jenis peserta dan program BPJS yang Anda pilih. Pastikan untuk memperhatikan besaran iuran agar sesuai dengan kemampuan keuangan Anda.

Langkah 12: Verifikasi Data

Setelah menyelesaikan semua langkah sebelumnya, pastikan untuk memeriksa kembali semua data yang telah Anda isi. Pastikan tidak ada kesalahan atau kekeliruan. Jika semuanya sudah benar, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 13: Konfirmasi Pendaftaran

Setelah memverifikasi data, Anda akan diminta untuk memastikan pendaftaran Anda dengan menekan tombol “Daftar”. Dalam beberapa saat, Anda akan menerima pesan konfirmasi melalui aplikasi Mobile JKN.

Langkah 14: Pembayaran Iuran

Setelah pendaftaran berhasil, Anda perlu melakukan pembayaran iuran sesuai dengan nominal yang telah Anda tentukan. Pembayaran bisa dilakukan melalui berbagai metode seperti transfer bank, pembayaran online, atau melalui gerai-gerai pembayaran yang bekerja sama dengan BPJS.

Langkah 15: Aktivasi Kartu BPJS

Setelah pembayaran iuran berhasil, Anda akan menerima kartu BPJS melalui alamat yang telah Anda berikan. Kartu ini harus diaktifkan dalam waktu tertentu. Untuk mengaktifkannya, Anda dapat mengunjungi kantor BPJS terdekat atau melalui aplikasi Mobile JKN.

Kesimpulan

Itulah langkah-langkah tentang cara mendaftar BPJS melalui Mobile JKN. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mendaftarkan diri Anda sendiri atau anggota keluarga Anda untuk mendapatkan jaminan kesehatan yang lengkap. Jadi, jangan ragu untuk mencoba mendaftar BPJS melalui ponsel Anda dan nikmati berbagai manfaatnya!

No. Tahapan Keterangan
1 Unduh Aplikasi Mobile JKN Unduh aplikasi Mobile JKN dari Google Play Store atau App Store
2 Buka Aplikasi Mobile JKN Buka aplikasi Mobile JKN yang telah diunduh di ponsel Anda
3 Pilih Menu “Pendaftaran” Pilih menu “Pendaftaran” pada beranda aplikasi Mobile JKN
4 Pilih “Pendaftaran Baru” Pilih opsi “Pendaftaran Baru” untuk memulai proses pendaftaran BPJS
5 Isi Data Diri Isi data diri lengkap seperti nama, tanggal lahir, alamat, dan nomor telepon
6 Unggah Dokumen Identitas Unggah dokumen identitas seperti KTP, Kartu Keluarga, atau SIM
7 Pilih Program BPJS Pilih program BPJS yang ingin Anda daftarkan, seperti BPJS Kesehatan atau BPJS Ketenagakerjaan
8 Pilih Jenis Peserta Pilih jenis peserta yang ingin Anda daftarkan, misalnya PBPU atau BP
9 Pilih Jenis Pelayanan Pilih jenis pelayanan yang ingin Anda terima, misalnya rawat inap atau rawat jalan
10 Pilih Fasilitas Kesehatan Pilih fasilitas kesehatan yang ingin Anda gunakan
11 Tentukan Nominal Iuran Tentukan besaran iuran yang ingin Anda bayarkan setiap bulannya
12 Verifikasi Data Periksa kembali semua data yang telah Anda isi sebelumnya
13 Konfirmasi Pendaftaran Konfirmasikan pendaftaran dengan menekan tombol “Daftar”
14 Pembayaran Iuran Lakukan pembayaran iuran sesuai dengan nominal yang telah ditentukan
15 Aktivasi Kartu BPJS Aktifkan kartu BPJS yang telah Anda terima dalam waktu tertentu