• Tue. Jul 23rd, 2024

Dijual, Autozam AZ-1 1992—Mobil Kei yang Memimpikannya Adalah Ferrari

bawa lencana trailer

• Autozam A-1 adalah mobil sport kei yang paling langka (kategori pajak jalan rendah dengan pembatasan perpindahan dan ukuran), dan satu saat ini terdaftar untuk dijual di situs lelang Bring a Trailer, dengan lelang berakhir pada hari Rabu , 12 Oktober.

• Autozam adalah merek mobil kecil Mazda, dan mobil ini juga lahir dari basis Suzuki.

• Ini juga merupakan fragmen yang dapat dikoleksi dari keruntuhan gelembung ekonomi Jepang tahun 1990-an.

Seperti yang mungkin dikatakan Derek Zoolander, “Apa ini, Ferrari untuk semut?” Yah, semacam. Autozam AZ-1 ukuran pint menggabungkan elemen Testarossa, F40, dan bahkan 512BB. Bodyworknya liar, seperti juga pintu gullwing itu, tetapi terselip di bawah lembaran logam adalah mesin tiga silinder turbocharged yang menggantikan volume hampir lebih banyak daripada sebotol Coca-Cola 20 ons.

autozam bawa trailer

Bawa Trailer

Apa yang memberi? Nah, AZ-1 adalah mobil kei, salah satu mobil kelas seukuran kotak sepatu Jepang yang dibuat di bawah aturan perpajakan jalan yang diatur ketat di negara itu. Mobil Kei, atau benar keijidōsha (“mobil ringan”), masih merupakan bentuk mobil paling populer di jalanan Tokyo saat ini, tetapi sekarang kebanyakan berbentuk kotak seragam, memaksimalkan ruang pada tapak kecil. Lucu, tetapi hanya sedikit dari mereka yang benar-benar menarik.

Tidak demikian halnya dengan kemunduran ke tanda air tinggi dari keangkuhan ekonomi gelembung Jepang. AZ-1 sama eksotisnya dengan mobil kei yang pernah ada, burung kolibri bermesin tengah, bersayap camar, turbocharged.

Contoh tahun 1992 ini sedang dilelang di Bring a Trailer, bagian dari grup Hearst Autos bersama dengan Mobil dan Sopir. Dengan enam hari tersisa, penawaran duduk di $18.250 dan pasti akan naik.

Saat Jepang memasuki tahun 1980-an, semangat tinggi dan harga real estat melambung tinggi. Para pembuat mobil di daerah itu terperangkap dalam antusiasme, memulai pengembangan produk bulan-bulanan dari Toyota Century bertenaga V-12 hingga Mazda RX-7 bertenaga twin-turbocharged, hingga R32 Nissan Skyline GT- yang mengalahkan dunia. R.

Tetapi hal-hal yang menarik tidak semuanya mewah. Nissan keluar dari kemerosotan desainnya dengan mobil Pike Factory yang terbatas, dan rasa senang itu mulai menyebar. Segera, Honda memiliki Beat, kelas terbang bermesin tengah yang dapat dikonversi, yang seperti Acura NSX droptop kecil. Spesialis mobil kecil Suzuki, yang sebagian besar bertanggung jawab atas Beat, meluncurkan Cappuccino, roadster yang ringan dan cukup gesit untuk membuat Miata generasi pertama terasa seperti Cadillac DeVille-nya Boss Hogg.

autozam bawa trailer

Bawa Trailer

autozam bawa trailer

Berbicara tentang Miatas, Mazda tidak lain menugaskan insinyur utama NA Miata Toshihiko Hirai untuk mengepalai pengembangan proyek kei-car liarnya. Idenya adalah untuk menyuntikkan sedikit kegembiraan ke dalam sub-merek Autozam Mazda, mungkin bergerak lebih teratur keis keluar dari ruang pamer.

Tiga mobil dikembangkan untuk Tokyo Motor Show 1989: Tipe A, mobil sport gullwing; Tipe B, versi yang lebih dilucuti; dan Tipe C, mobil kecil Grup C. Publik sangat menyukai Tipe C, yang benar-benar menempatkan mungil di Petit Le Mans. Para eksekutif Mazda, bagaimanapun, mengambil pandangan yang lebih hati-hati, dan mengira perusahaan itu benar-benar dapat menjual versi produksi dari Tipe A.

Sebagian besar pekerjaan pengembangan dilakukan di Inggris oleh tim kecil insinyur. Langkah itu mungkin merupakan kesalahan keuangan di pihak Mazda karena, jauh dari kantor pusat, tim pengembangan pergi ke kota untuk meningkatkan kekakuan struktural dan menyetel mesin 660cc hingga batas yang diizinkan oleh peraturan. Mesinnya masih akan menghasilkan 63 hp yang diklaim sama seperti Beat dan Cappuccino — yang merupakan maksimum yang diizinkan — tetapi lebih responsif dan memiliki lebih banyak torsi mid-range.

Adapun penanganannya, AZ-1 memiliki sedikit bias ke belakang yang sama dengan F40. Dan, sementara kekuatannya sedikit di atas sepersepuluh dari ikon turbocharged Maranello, AZ-1 juga merupakan setan kecil yang sulit untuk tetap di jalan. Ini mungkin terlihat lucu, tetapi dengan kecenderungan untuk oversteer itu tidak ramah anak anjing seperti Miata Hirai. Ini adalah mobil kecil kecil tapi cukup serius.

Di kei mobil dunia, itu juga yang diinginkan semua orang. Ketika sampai ke pelanggan pada tahun 1992, gelembung ekonomi Jepang telah pecah, dan mainan seperti AZ-1 adalah mainan mewah yang hanya sedikit orang yang memilih untuk membelinya. Mazda hanya menjual 4392 unit selama setahun (bersama dengan 531 mobil bermerek Suzuki Caras), dibandingkan dengan sekitar 28.000 Cappuccino dan 33.000 Beat yang terjual.

Kegagalan membuat kelangkaan, dan kelangkaan membuat kolektibilitas. Per pon, tawaran akhir pada AZ-1 ini akan naik dengan ikan tuna sirip biru seperti yang baru ditangkap di pasar Tsukiji Tokyo. Namun, itu masih lebih murah daripada Ferrari, dan sama eksotisnya. Anggap saja sebagai F.04, supercar mikro bermesin tengah dari negeri tempat kei mobil tetap raja. Dan Anda punya waktu hingga Rabu, 12 Oktober, untuk mengajukan penawaran.

Konten ini diimpor dari OpenWeb. Anda mungkin dapat menemukan konten yang sama dalam format lain, atau Anda mungkin dapat menemukan informasi lebih lanjut, di situs web mereka.