• Wed. Jul 17th, 2024

link membuat bpjs online

BySuartini

Dec 9, 2023

Hello pembaca! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat BPJS online. BPJS merupakan singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, yang bertujuan untuk memberikan perlindungan kesehatan, ketenagakerjaan, dan kecelakaan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Seiring dengan perkembangan teknologi, kini BPJS juga bisa diakses secara online. Nah, bagaimana sih cara membuat BPJS online? Yuk, simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui selengkapnya!

1. Mengapa Harus Membuat BPJS Online?

Sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, ada baiknya kita mengerti terlebih dahulu mengapa kita harus membuat BPJS online. Secara online, proses pembuatan BPJS menjadi lebih praktis dan efisien. Kita tidak perlu lagi pergi ke kantor BPJS untuk mendaftar, mengisi formulir, dan menunggu antrian. Dengan cara online, kita dapat mengurus semua itu dari rumah atau di mana saja selama terhubung dengan internet. Cukup praktis, bukan?

2. Persiapan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan BPJS online, ada beberapa persiapan yang perlu kita siapkan terlebih dahulu. Pertama, pastikan kita memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk) asli yang masih berlaku. Kedua, kita juga membutuhkan kartu keluarga (KK) asli. Terakhir, siapkan juga nomor telepon yang aktif, karena kita akan menerima kode OTP (One-Time Password) untuk verifikasi.

3. Langkah-langkah Membuat BPJS Online

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat BPJS online:

Langkah Keterangan
1 Buka website resmi BPJS Kesehatan di bpjs-kesehatan.go.id
2 Pilih menu “Pendaftaran Peserta Baru”
3 Pilih jenis kepesertaan yang sesuai (Pekerja Bukan Penerima Upah, Pekerja Penerima Upah, atau Pekerja Penerima Upah yang membayar iuran sendiri)
4 Isi formulir pendaftaran dengan data yang valid
5 Upload foto KTP dan KK
6 Masukkan nomor telepon yang aktif
7 Setujui syarat dan ketentuan yang berlaku
8 Klik tombol “Daftar”
9 Tunggu kode OTP yang dikirim melalui SMS
10 Masukkan kode OTP untuk verifikasi
11 Ikuti langkah-langkah selanjutnya sesuai instruksi di website
12 Setelah selesai, cek email kita untuk mendapatkan nomor peserta BPJS
13 Cetak kartu BPJS atau simpan dalam bentuk digital
14 Pergi ke kantor BPJS terdekat (jika diperlukan) untuk aktivasi
15 Selamat! Kini kita telah memiliki BPJS online

4. Keuntungan BPJS Online

Membuat BPJS online memiliki beberapa keuntungan. Pertama, kita tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di kantor BPJS untuk mendaftar. Kedua, prosesnya lebih cepat dan efisien, karena semua dilakukan secara online. Ketiga, kita dapat dengan mudah mengakses informasi dan layanan dari BPJS melalui website resmi atau aplikasi mobile. Keempat, BPJS online memberikan kemudahan dalam proses administrasi dan pembayaran iuran.

5. Kesimpulan

Dalam era digital seperti sekarang ini, membuat BPJS online adalah langkah yang tepat. Kita dapat menghemat waktu dan tenaga dengan mengurus semua proses melalui internet. Dalam artikel ini, kita telah membahas langkah-langkahnya dari persiapan hingga aktivasi. Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri kita dan keluarga untuk mendapatkan perlindungan BPJS yang lengkap dan terpercaya. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!