• Wed. Jul 17th, 2024

Mazda CX-90 3.3-Liter Inline-Six Menghasilkan 340 HP, 369 Pound-Feet

  • Mazda telah mengungkapkan angka keluaran untuk mesin enam silinder segaris 3,3 liter barunya.
  • Dengan 340 tenaga kuda dan 369 pound-feet, ini adalah mesin paling tangguh yang ditawarkan Mazda.
  • CX-90 akan memilikinya; SUV itu terungkap sepenuhnya pada 31 Januari.

Sementara sebagian besar ballyhoo di sekitar SUV tiga baris Mazda CX-90 yang akan datang berfokus pada powertrain plug-in-hybrid-nya, ada mesin inline-six di jajaran masa depan yang juga patut mendapat perhatian. CX-90 memulai debutnya pada 31 Januari, tetapi sebelumnya, Mazda merasa perlu untuk memberikan beberapa detail lagi tentang kompor gas terbarunya.

rendering mazda cx90

Ilustrasi oleh Ben Summerelle-Youde/Fox Syndication|Mobil dan Pengemudi

Menurut Mazda, CX-90 turbocharged 3.3-liter inline-six akan menjadi mesin gas produksi massal paling bertenaga yang pernah dibuat oleh pembuat mobil tersebut. I-6 akan menghasilkan 340 tenaga kuda dan torsi 369 pound-feet dengan bahan bakar premium, yang direkomendasikan oleh pembuat mobil; seperti mesin lain di pasaran, menggunakan bensin selain premium akan dikenakan penalti tenaga kuda, meskipun pembuat mobil tidak membocorkan output pada oktan 89 yang bagus.

Inline-six baru ini juga secara teknis merupakan hybrid, hanya saja Anda tidak dapat mengendarainya dengan listrik saja. Sebaliknya, pasangan 3,3 liter dengan sistem hybrid 48 volt. Meskipun kami belum yakin bagaimana Mazda akan menggunakannya, pengaturan 48 volt serupa ada di industri otomotif. Mereka dapat memperpanjang penggunaan stop-start dalam lalu lintas dan memungkinkan mesin mati saat meluncur atau mengerem, semuanya demi penghematan bahan bakar yang lebih baik.

Mazda mengklaim bahwa enam silinder segaris ini dikembangkan khusus untuk platform mesin longitudinal baru CX-90. Kemungkinan kita akan melihat mesin ini muncul lagi pada saudara dua baris CX-90 yang lebih kecil, CX-70, yang berbagi platform dan akan melakukan debut terpisah pada tahun 2023 nanti.

Ada berita menarik lainnya dalam siaran pers Mazda juga. Pembuat mobil mengatakan bahwa Kontrol Postur Kinematik akan menjadi standar pada semua varian CX-90. Memulai debutnya di MX-5 Miata, Kontrol Postur Kinematik mengklaim meningkatkan stabilitas menikung dengan sedikit mengerem roda belakang bagian dalam saat berbelok. Seolah-olah kami membutuhkan lebih banyak alasan untuk membuang benda ini begitu sampai di kantor kami.