• Wed. Jul 17th, 2024

Cara Membuat Kartu BPJS Kesehatan Online dengan Mudah

BySuartini

Nov 24, 2023

Hello, pembaca yang budiman! Pada era digital seperti sekarang ini, hampir semua hal dapat dilakukan secara online, termasuk membuat kartu BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan adalah program jaminan kesehatan yang dikelola oleh pemerintah Indonesia. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah mudah untuk membuat kartu BPJS Kesehatan secara online. Mari simak!

1. Mendaftar sebagai Peserta BPJS Kesehatan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Anda dapat mengunjungi situs resmi BPJS Kesehatan untuk melakukan pendaftaran ini. Pada halaman utama, Anda akan menemukan pilihan “Daftar Peserta Baru”. Klik pada pilihan tersebut untuk memulai proses pendaftaran.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi beberapa informasi pribadi seperti nama, alamat, nomor telepon, dan nomor identitas. Pastikan informasi yang Anda berikan adalah benar dan valid. Setelah mengisi semua informasi yang diperlukan, klik “Submit” untuk melanjutkan proses pendaftaran.

2. Verifikasi Data dan Pembayaran

Setelah mengirimkan formulir pendaftaran, Anda akan menerima email verifikasi dari BPJS Kesehatan. Buka email tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk melakukan verifikasi data. Biasanya, Anda akan diminta untuk mengirimkan foto atau scan dokumen identitas.

Setelah data Anda diverifikasi, Anda akan diberikan nomor virtual account untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Anda dapat membayar melalui ATM, mobile banking, atau internet banking dengan menggunakan nomor virtual account tersebut.

3. Unduh Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile

Setelah Anda melakukan pembayaran iuran, langkah selanjutnya adalah mengunduh aplikasi BPJS Kesehatan Mobile. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store dan App Store. Cari aplikasi dengan kata kunci “BPJS Kesehatan Mobile” dan unduh aplikasinya secara gratis.

Setelah mengunduh aplikasi, buka aplikasi BPJS Kesehatan Mobile dan masuk menggunakan nomor peserta dan kata sandi yang telah Anda daftarkan sebelumnya. Jika Anda lupa kata sandi, Anda dapat menggunakan fitur “Lupa Kata Sandi” untuk mereset kata sandi Anda.

4. Aktivasi Kartu BPJS Kesehatan

Setelah masuk ke dalam aplikasi, Anda perlu mengaktifkan kartu BPJS Kesehatan Anda. Pilih opsi “Aktivasi Kartu” dan ikuti petunjuk yang diberikan. Biasanya, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor kartu dan kode aktivasi yang tertera pada kartu fisik BPJS Kesehatan Anda.

Jika Anda belum memiliki kartu fisik BPJS Kesehatan, Anda dapat mengunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk mendapatkan kartu fisik tersebut. Setelah mengisi semua informasi yang diperlukan, klik “Submit” untuk mengaktifkan kartu BPJS Kesehatan Anda.

5. Membuat Kartu BPJS Kesehatan Virtual

Setelah kartu BPJS Kesehatan Anda diaktivasi, Anda dapat membuat kartu virtual melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile. Pilih opsi “Kartu Virtual” dan ikuti petunjuk yang diberikan. Anda akan diminta untuk memilih desain kartu dan memasukkan data pribadi yang akan ditampilkan pada kartu virtual.

Setelah itu, klik “Submit” untuk membuat kartu BPJS Kesehatan virtual Anda. Kartu virtual ini dapat digunakan sebagai pengganti kartu fisik jika Anda tidak membawanya saat berobat ke fasilitas kesehatan.

6. Manfaat Kartu BPJS Kesehatan Online

Membuat kartu BPJS Kesehatan online memiliki beberapa manfaat. Pertama, Anda tidak perlu repot-repot datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk membuat kartu fisik. Semua proses dapat dilakukan secara online melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile.

Kedua, kartu BPJS Kesehatan virtual dapat digunakan sebagai pengganti kartu fisik jika Anda tidak membawanya saat berobat ke fasilitas kesehatan. Cukup tunjukkan kartu virtual Anda pada petugas di fasilitas kesehatan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang Anda butuhkan.

Kesimpulan

Dalam era digital seperti sekarang ini, membuat kartu BPJS Kesehatan online sangatlah mudah. Anda hanya perlu mendaftar sebagai peserta, melakukan verifikasi data, membayar iuran, mengunduh aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, mengaktifkan kartu, dan membuat kartu virtual. Semua proses tersebut dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile. Jadi, tunggu apalagi? Segera buat kartu BPJS Kesehatan Anda secara online dan nikmati manfaatnya!

Keuntungan Kekurangan
Proses mudah dan cepat Membutuhkan koneksi internet
Tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan Kartu virtual tidak dapat digunakan di semua fasilitas kesehatan
Dapat digunakan sebagai pengganti kartu fisik