• Tue. Jul 23rd, 2024

Persyaratan Bikin BPJS

BySuartini

Oct 25, 2023

Hello pembaca, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang persyaratan untuk membuat BPJS. BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial merupakan lembaga yang bertugas menyelenggarakan program jaminan sosial di Indonesia. Bagi Anda yang ingin mendaftar sebagai peserta BPJS, terdapat beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi. Simaklah artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut!

1. KTP

Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopi. KTP digunakan sebagai identitas resmi Anda dalam mendaftar BPJS. Pastikan KTP yang Anda miliki masih berlaku dan tidak dalam masa perpanjangan.

2. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Bagi yang memiliki NPWP, persiapkan juga fotokopi NPWP Anda. NPWP diperlukan sebagai salah satu persyaratan untuk mendaftar BPJS Kesehatan atau BPJS Ketenagakerjaan. Jika Anda belum memiliki NPWP, Anda dapat mengajukannya terlebih dahulu ke kantor pajak terdekat.

3. Surat Keterangan Usaha (SKT)

Jika Anda seorang pengusaha atau memiliki usaha mandiri, Anda perlu menyiapkan Surat Keterangan Usaha (SKT) asli beserta fotokopinya. SKT ini diperlukan untuk mendaftar BPJS Ketenagakerjaan.

4. Surat Nikah atau Akta Kelahiran

Jika Anda ingin mendaftarkan anggota keluarga sebagai peserta BPJS, Anda perlu menyiapkan Surat Nikah atau Akta Kelahiran sebagai bukti hubungan keluarga. Pastikan dokumen ini masih berlaku dan memiliki fotokopi yang lengkap.

5. Bukti Pembayaran Premi

Pada saat pendaftaran, Anda perlu membayar premi BPJS. Pastikan Anda menyiapkan bukti pembayaran premi yang sesuai dengan jenis BPJS yang akan Anda daftarkan. Bukti pembayaran ini dapat berupa struk pembayaran atau bukti transfer.

6. Formulir Pendaftaran

Setelah menyiapkan seluruh dokumen di atas, Anda perlu mengisi formulir pendaftaran BPJS. Formulir ini bisa Anda dapatkan di kantor BPJS terdekat atau diunduh melalui website resmi BPJS. Isi formulir dengan lengkap dan benar sesuai dengan data yang diminta.

7. Pas Foto

Sebagai kelengkapan dokumen, Anda perlu menyertakan pas foto terbaru. Biasanya, ukuran pas foto yang diperlukan adalah 3×4 cm. Pastikan Anda menggunakan pas foto dengan latar belakang putih dan wajah yang terlihat jelas.

8. Rekening Bank

BPJS akan menghubungkan premi pembayaran dengan rekening bank Anda. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan fotokopi buku tabungan atau kartu ATM sebagai bukti kepemilikan rekening bank.

9. Surat Keterangan Domisili

Bagi Anda yang bukan merupakan penduduk asli di wilayah tempat tinggal Anda, Anda perlu menyertakan Surat Keterangan Domisili. Surat ini dapat diperoleh dari kelurahan atau kecamatan setempat sebagai bukti bahwa Anda benar-benar tinggal di wilayah tersebut.

10. Surat Rujukan dari Dokter

Jika Anda ingin mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan, Anda perlu menyertakan surat rujukan dari dokter. Surat ini diperlukan apabila Anda memiliki riwayat penyakit tertentu yang membutuhkan pengobatan khusus.

11. Surat Pernyataan Data Diri

Sebagai bentuk keabsahan data diri yang Anda berikan, Anda perlu menyiapkan surat pernyataan data diri. Surat ini berisi pernyataan bahwa informasi yang Anda berikan adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

12. Bukti Pembayaran Pajak

Jika Anda memilih untuk mendaftar BPJS Ketenagakerjaan, Anda perlu menyertakan bukti pembayaran pajak sebagai salah satu persyaratannya. Pastikan Anda memiliki bukti pembayaran pajak terbaru yang dapat menjadi bukti penghasilan atau usaha Anda.

13. Surat Izin Usaha

Jika Anda memiliki usaha sendiri, pastikan Anda menyiapkan juga Surat Izin Usaha sebagai bukti legalitas usaha yang Anda jalankan. Surat Izin Usaha ini diperlukan saat mendaftar BPJS Ketenagakerjaan.

14. Surat Keterangan Kelahiran

Untuk mendaftarkan anak sebagai peserta BPJS, Anda perlu menyiapkan Surat Keterangan Kelahiran sebagai bukti identitas anak. Pastikan dokumen ini masih berlaku dan memiliki fotokopi yang lengkap.

15. Surat Kuasa

Jika Anda tidak bisa datang sendiri untuk mendaftar BPJS, Anda juga dapat memberikan surat kuasa kepada orang lain untuk mendaftarkan Anda. Surat kuasa ini harus dibuat secara tertulis dan ditandatangani oleh Anda sebagai pemberi kuasa.

Kesimpulan

Demikianlah persyaratan yang perlu Anda penuhi saat ingin membuat BPJS. Pastikan Anda menyiapkan seluruh dokumen dengan lengkap dan benar agar pendaftaran Anda dapat berjalan lancar. Jangan lupa, pastikan juga untuk membayar premi BPJS sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dengan memiliki perlindungan dari BPJS, Anda dapat lebih tenang dalam menghadapi risiko kesehatan dan ketenagakerjaan. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat!

No. Persyaratan
1 KTP
2 NPWP
3 Surat Keterangan Usaha (SKT)
4 Surat Nikah atau Akta Kelahiran
5 Bukti Pembayaran Premi
6 Formulir Pendaftaran
7 Pas Foto
8 Rekening Bank
9 Surat Keterangan Domisili
10 Surat Rujukan dari Dokter
11 Surat Pernyataan Data Diri
12 Bukti Pembayaran Pajak
13 Surat Izin Usaha
14 Surat Keterangan Kelahiran
15 Surat Kuasa