• Tue. Jul 23rd, 2024

Syarat Buat Kartu Indonesia Sehat

BySuartini

Dec 5, 2023

Hello pembaca setia! Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS), bukan? Kartu ini merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk memberikan akses pelayanan kesehatan yang terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia. Namun, sebelum kamu bisa mendapatkan kartu ini, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi terlebih dahulu. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai syarat-syarat untuk membuat Kartu Indonesia Sehat. Yuk, simak informasinya di bawah ini!

1. KTP

Syarat pertama yang harus kamu penuhi adalah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku. KTP ini berfungsi sebagai identitas resmi kamu sebagai warga negara Indonesia. Jadi, pastikan kamu sudah memiliki KTP sebelum mengajukan permohonan pembuatan Kartu Indonesia Sehat.

2. KK

Selain KTP, kamu juga perlu melampirkan Kartu Keluarga (KK) asli dan fotokopi. KK ini akan digunakan untuk memverifikasi data diri kamu dan anggota keluarga yang tercantum dalam KK tersebut. Pastikan data yang ada di KK kamu sesuai dengan data diri yang akan kamu gunakan dalam pengajuan Kartu Indonesia Sehat.

3. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)

Untuk mendapatkan Kartu Indonesia Sehat, kamu juga perlu melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan atau desa tempat tinggalmu. SKTM ini berfungsi sebagai bukti bahwa kamu tidak mampu secara finansial untuk membayar biaya pelayanan kesehatan secara mandiri. Pastikan kamu mendapatkan SKTM yang sah dan masih berlaku.

4. Pas Foto

Jangan lupa juga untuk melampirkan pas foto terbaru berwarna dengan latar belakang putih. Pastikan ukuran foto yang kamu lampirkan sesuai dengan ketentuan yang ditentukan oleh pihak yang berwenang. Pas foto ini akan digunakan sebagai identitas visual kamu dalam Kartu Indonesia Sehat.

5. Rekening Bank

Salah satu syarat penting lainnya adalah memiliki rekening bank atas nama sendiri. Rekening bank ini akan digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran iuran Kartu Indonesia Sehat. Pastikan kamu memiliki rekening bank yang masih aktif dan saldo yang mencukupi untuk membayar iuran tersebut.

6. Formulir Pendaftaran

Tidak ketinggalan, kamu juga perlu mengisi formulir pendaftaran Kartu Indonesia Sehat. Formulir ini bisa kamu dapatkan di kantor kelurahan atau desa tempat tinggalmu. Isi formulir tersebut dengan lengkap dan jangan lupa untuk melampirkan dokumen-dokumen yang sudah disebutkan di atas.

7. Memenuhi Kriteria

Tidak semua orang bisa mendapatkan Kartu Indonesia Sehat. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, seperti tidak memiliki asuransi kesehatan lain, tidak mampu secara finansial, dan tidak memiliki akses pelayanan kesehatan yang memadai. Pastikan kamu memenuhi semua kriteria tersebut sebelum mengajukan permohonan pembuatan Kartu Indonesia Sehat.

8. Proses Verifikasi

Setelah semua persyaratan terpenuhi, permohonan kamu akan diproses dan diverifikasi oleh pihak yang berwenang. Proses verifikasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa data yang kamu berikan adalah benar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Proses ini membutuhkan waktu, jadi bersabarlah ya!

9. Iuran Bulanan

Setelah permohonan kamu disetujui, kamu perlu membayar iuran bulanan untuk memperoleh manfaat dari Kartu Indonesia Sehat. Besaran iuran ini bervariasi tergantung pada kategori pelayanan yang kamu pilih. Pastikan kamu membayar iuran tersebut tepat waktu agar Kartu Indonesia Sehat tetap aktif.

10. Pembaruan Kartu

Kartu Indonesia Sehat memiliki masa berlaku tertentu, setelah melewati masa berlaku tersebut, kamu perlu memperbarui kartu tersebut. Proses pembaruan ini melibatkan proses verifikasi data dan pembayaran iuran sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jadi, jangan lupa untuk memperbarui Kartu Indonesia Sehatmu agar tetap dapat menikmati manfaatnya.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa syarat yang harus kamu penuhi untuk membuat Kartu Indonesia Sehat. Pastikan kamu memiliki KTP, KK, SKTM, pas foto, rekening bank, dan mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap. Selain itu, pastikan kamu juga memenuhi kriteria yang ditentukan dan siap membayar iuran bulanan. Jangan lupa untuk memperbarui kartu secara berkala. Dengan memiliki Kartu Indonesia Sehat, kamu dapat dengan mudah mengakses pelayanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas. Jadi, tunggu apalagi? Ajukan permohonan pembuatan Kartu Indonesia Sehatmu sekarang juga!

No Syarat
1 KTP
2 KK
3 Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)
4 Pas Foto
5 Rekening Bank
6 Formulir Pendaftaran
7 Memenuhi Kriteria
8 Proses Verifikasi
9 Iuran Bulanan
10 Pembaruan Kartu