• Tue. Jul 23rd, 2024

Mudahnya Cara Daftar di Aplikasi JKN

BySuartini

Dec 12, 2023

Kenapa Penting Daftar di Aplikasi JKN?

Hello pembaca! Apakah kamu tahu bahwa sekarang ini ada aplikasi JKN yang memudahkan kita untuk mengakses layanan kesehatan? JKN atau Jaminan Kesehatan Nasional adalah program yang dikelola oleh BPJS Kesehatan. Dengan mendaftar di aplikasi JKN, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat, seperti melakukan pendaftaran online, melihat riwayat kunjungan, hingga mengakses informasi tentang layanan kesehatan. Nah, jika kamu tertarik untuk mendaftar di aplikasi JKN, artikel ini akan memberikan panduan lengkap untukmu!

Langkah Pertama: Unduh Aplikasi JKN

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi JKN melalui Play Store atau App Store. Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk pengguna Android dan iOS. Setelah berhasil mengunduh aplikasi, buka aplikasi tersebut dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah Kedua: Registrasi Akun

Setelah membuka aplikasi JKN, kamu akan disambut dengan halaman utama. Pada halaman ini, kamu akan melihat tombol “Daftar” atau “Registrasi”. Ketuk tombol tersebut untuk memulai proses registrasi akun. Kamu akan diminta untuk memasukkan beberapa informasi pribadi, seperti nama, tanggal lahir, dan nomor Kartu Keluarga atau Kartu Tanda Penduduk. Pastikan informasi yang kamu masukkan sudah sesuai dengan data yang ada di kartu identitasmu.

Langkah Ketiga: Verifikasi Identitas

Setelah berhasil melakukan registrasi akun, langkah selanjutnya adalah verifikasi identitas. Pada tahap ini, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang terhubung dengan nomor Kartu Keluarga atau Kartu Tanda Penduduk yang sudah kamu masukkan sebelumnya. Kamu akan menerima SMS berisi kode verifikasi yang harus dimasukkan ke dalam aplikasi. Jika kode verifikasi cocok, maka identitasmu akan terverifikasi.

Langkah Keempat: Tambahkan Anggota Keluarga

Setelah berhasil melakukan verifikasi identitas, kamu dapat menambahkan anggota keluarga yang juga ingin kamu daftarkan di aplikasi JKN. Kamu dapat menambahkan anggota keluarga dengan memasukkan nama, tanggal lahir, dan nomor Kartu Keluarga atau Kartu Tanda Penduduk mereka. Pastikan informasi yang kamu masukkan benar dan sesuai dengan data yang ada di kartu identitas anggota keluargamu.

Langkah Kelima: Pilih Program JKN

Setelah menambahkan anggota keluarga, langkah selanjutnya adalah memilih program JKN yang sesuai dengan kebutuhanmu. Aplikasi JKN menyediakan beberapa pilihan program, seperti JKN-KIS PBI (Penerima Bantuan Iuran) atau JKN-KIS Mandiri. Pilih program yang sesuai dengan status kepesertaanmu. Jika kamu masih bingung, kamu dapat menghubungi BPJS Kesehatan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Langkah Terakhir: Selesaikan Pendaftaran

Setelah memilih program JKN, kamu akan melihat ringkasan pendaftaran yang berisi informasi akun dan anggota keluarga yang telah kamu daftarkan. Pastikan informasi yang tertera sudah benar sebelum melanjutkan proses pendaftaran. Jika sudah, kamu dapat menyelesaikan proses pendaftaran dengan mengklik tombol “Daftar” atau “Selesai”. Tunggu beberapa saat dan kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa pendaftaran kamu berhasil.

No. Langkah Keterangan
1 Unduh Aplikasi JKN Mengunduh aplikasi JKN melalui Play Store atau App Store.
2 Registrasi Akun Melakukan registrasi akun dengan memasukkan informasi pribadi.
3 Verifikasi Identitas Memasukkan kode verifikasi yang diterima melalui SMS.
4 Tambahkan Anggota Keluarga Menambahkan anggota keluarga yang ingin didaftarkan di aplikasi JKN.
5 Pilih Program JKN Memilih program JKN yang sesuai dengan kebutuhan.
6 Selesaikan Pendaftaran Menyelesaikan proses pendaftaran dan mendapatkan notifikasi bahwa pendaftaran berhasil.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu cara daftar di aplikasi JKN dengan mudah, tidak perlu ribet lagi harus datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk mendaftar. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan cepat dan praktis memanfaatkan layanan kesehatan yang disediakan melalui aplikasi JKN. Jadi, tunggu apa lagi? Buatlah akunmu sekarang juga dan nikmati kemudahan akses layanan kesehatan dengan aplikasi JKN!