• Tue. Jul 23rd, 2024

Ezra Dyer: Realitas Baru Tesla

realitas baru tesla

Ilustrasi oleh Derek BaconMobil dan Sopir

Dari edisi September 2022 Mobil dan Sopir.

Beberapa tahun yang lalu, saya membuat reservasi $ 1000 untuk Tesla Model 3. Saya akhirnya membatalkannya, karena saya menginginkan iterasi mobil yang paling mendasar, $ 35.000 dan Tesla membutuhkan waktu lama untuk membuatnya sehingga saya menyerah. Tapi saya suka produk Tesla. Model X futuristik konyol, Model 3 sangat menyenangkan, dan Model S masih bisa merokok eksotik dalam drag race. Saya belum pernah mengendarai Model Y, karena yang keluar setelah Tesla meluncurkan departemen PR-nya ke orbit dengan roket SpaceX, tapi saya yakin itu bagus juga. Jadi, jangan salah paham, penggemar berat Tesla, ketika saya mengatakan bahwa mungkin ada masalah di depan untuk perusahaan favorit Anda.

Tesla menikmati lebih dari beberapa tahun dengan pasar EV pada dasarnya untuk dirinya sendiri, dan untuk sementara OEM yang mapan gagal menganggapnya serius. Tetapi dengan membangun EV yang diinginkan, dan menjual satu juta di antaranya, Tesla menunjukkan kepada seluruh dunia bahwa mobil listrik bisa menjadi sesuatu yang lebih dari sekadar ponsel kepatuhan norak yang dengan enggan ditawarkan kepada penggemar radio ham. Sekarang kami memiliki Rivians and Lucids, Hummers 1000-hp dan Hyundais 800-volt, bahkan Ford F-150 EV yang mencapai 60 mph dalam 4,0 detik. Sementara itu, di Tesla, kami masih memiliki jajaran yang disebutkan di atas. Kembali sekitar tahun 2014 atau lebih, kepercayaan sombong datang dari orang-orang seperti Mercedes-Benz, yang masih tidak melihat Tesla sebagai ancaman. Sekarang datang dari sisi lain, sama tidak beralasan.

2023 genesis gv60

Kejadian

2023 genesis gv60

Michael SimariMobil dan Sopir

Saya harus memikirkan semua ini ketika saya naik ke 2023 Genesis GV60 Performance dan menemukan bola shifter bercahaya bermotornya (di atas), mengingatkan saya bahwa Tesla tidak memiliki monopoli imajinasi. Genesis juga memiliki interior tempa yang indah, adaptor untuk mengubah port pengisian daya menjadi stopkontak, dan tombol besar bertanda BOOST di roda kemudi. Tekan itu dan GV60 berubah dari 429 menjadi 483 tenaga kuda selama 10 detik, yang lucu setiap saat. Anda dapat mengendarainya maju dan mundur menggunakan key fob. Anda membukanya dengan wajah Anda. Itu dapat menambah 165 mil dari jangkauan EPA dalam 18 menit — jika Anda dapat menemukan pengisi daya cepat DC yang langka untuk melakukannya. Yang membawa saya ke keuntungan besar Tesla yang tersisa: jaringan Supercharger.

supercharger tesla di norwegia

Sean GallupGambar Getty

Sungguh luar biasa bahwa bahkan sekarang, setelah miliaran dolar investasi, jaringan pengisian cepat non-Tesla DC adalah campuran kasar. Jika Anda ingin melakukan perjalanan EV, itu mudah di Tesla dan tidak pasti dalam hal lain. Tapi ini, sekali lagi, bukanlah semacam keajaiban yang secara permanen tidak diketahui oleh setiap perusahaan lain. Akhirnya, orang lain akan memiliki Supercharger mereka. Lalu, apakah Tesla akan tetap terlihat seperti perusahaan yang seharusnya bernilai tiga kali lipat dari Toyota?

Kembali ketika Model 3 keluar, saya mencoba sistem bantuan pengemudi Autopilot Tesla di California, seorang karyawan Tesla yang berkendara di samping, ketika mobil tiba-tiba melambat tanpa alasan yang jelas. “Dia melakukan itu karena tahu bahwa biasanya ada lalu lintas di sini,” katanya, “meskipun sekarang tidak ada.” Saya tidak terlalu peduli dengan gerakan bodoh mobil itu daripada fakta bahwa itu disajikan sebagai bukti bahwa sistemnya sebenarnya sangat bagus dan cerdas. Hal semacam ini adalah jendela ke dalam budaya perusahaan di mana setiap orang takut untuk menyampaikan berita buruk di bagan organisasi, alih-alih berpura-pura bahwa semuanya baik-baik saja untuk selamanya. Itulah bagaimana Anda akhirnya, saya tidak tahu, kuk bukannya roda kemudi, atau membolos radar dalam sistem bantuan pengemudi Anda, atau membiarkan model kunci pergi 10 tahun tanpa desain ulang. Ketakutan melahirkan keheningan melahirkan ide-ide buruk.

Seandainya saya menyimpan reservasi saya dan membeli Model 3, saya mungkin akan menyukainya. Saya mungkin juga akan menghitung angka pada nilai tukarnya terhadap Hyundai Ioniq 5. Tentu, Model 3 masih keren. Tapi itu hanya mobil.