• Wed. Jul 17th, 2024

Pemilik Porsche Taycan EV 2020 Dapat Meretrofit Charger Onboard yang Lebih Cepat

  • Membuat pembaruan selanjutnya untuk mobil dari model tahun sebelumnya mungkin tidak biasa, tetapi Porsche telah melakukannya, menawarkan pengganti pengisi daya bawaan pabrik menjadi yang lebih bertenaga.
  • Unit pengisian AC 19,2 kW yang lebih baru akan memungkinkan pemilik Taycan 2020 mengisi daya kendaraan mereka beberapa jam lebih cepat.
  • Pemilik Taycan yang lebih baru juga bisa mendapatkan peningkatan, tetapi manfaat sebenarnya adalah model 2020 yang akan menjadi sama mutakhirnya dengan model baru dalam hal kecepatan pengisian daya.

Pembaruan perangkat lunak untuk menambahkan fitur baru atau yang ditingkatkan ke mobil listrik bukan lagi ide baru dan baru. Tesla telah melakukannya selama satu dekade; pembaruan over-the-air pertamanya untuk Model S adalah pada bulan Oktober 2012. Pembuat lain mengikuti, dengan reflash perangkat lunak dilakukan di dealer (yang mendahului Tesla, tetapi hampir selalu untuk penarikan keselamatan) dan sekarang, semakin banyak, melalui udara.

Tetapi memperbarui perangkat keras — komponen fisik mobil yang sebenarnya — adalah tawaran yang berbeda dan jauh lebih jarang. Jadi pengumuman baru-baru ini oleh Porsche adalah outlier yang mengagumkan: Perusahaan akan menawarkan kepada pemilik sedan sport listrik Taycan 2020 kemampuan untuk mengganti pengisi daya AC onboard 9,6 kilowatt yang dipasang di pabrik dengan unit 19,2 kW yang lebih bertenaga, diluncurkan pada tahun 2021 sebagai opsi $1680. Upgrade dapat memangkas beberapa jam dari pengisian ulang semalam.

Pemilik model 2021 dan lebih baru yang menginginkan manfaat pengisian daya AC lebih cepat juga: Upgrade ditawarkan untuk semua Taycan. Tapi ini sangat penting untuk model tahun pertama, membawa mereka ke kemampuan pengisian daya yang sama dengan Taycan spesifikasi tertinggi yang dijual baru di dealer hari ini.

pengisi daya onboard porsche taycan

John Voelker|Mobil dan Pengemudi

Pengisi daya 19,2 kW memungkinkan mobil mengisi daya lebih cepat di stasiun pengisian garasi AC Level 2 (240 volt), jika stasiun tersebut dapat memberikan daya yang lebih tinggi dan terhubung ke sirkuit yang dapat memasoknya. Perbedaan waktu pengisian sangat besar: Baterai Kinerja 71,0 kilowatt-jam Taycan dapat mengisi ulang dari nol hingga 100 persen dalam 4,8 jam, dibandingkan 9,5 jam menggunakan pengisi daya asli. Untuk Taycan yang lebih bertenaga dengan Performance Battery Plus 83,7 kWh, pengisian daya yang sama akan memakan waktu 5,3 jam dibandingkan 10,5 jam sebelumnya.

Penggantian bukanlah operasi kecil, karena pengisi daya terletak di belakang bagasi depan dan memerlukan bagian kabel baru. Kit suku cadang lengkap (nomor 9J1.044.900.31) memiliki harga eceran $1850,15. Porsche memperkirakan 12 jam tenaga kerja akan dibutuhkan untuk retrofit penuh. Pada tarif dealer yang dapat mencapai $200 per jam atau lebih, total tab untuk pengisian daya dua kali lebih cepat dapat membuat pemilik mencapai $4.500 atau lebih.

porsche taycan 2020

Porsche

Bonus: Pasang & Isi Daya

Namun, ada manfaat tambahan. Pembaruan perangkat lunak untuk pengisi daya onboard baru juga memberi pemilik Taycan 2020 kemampuan baru dan diinginkan: protokol Plug & Charge yang memungkinkan mereka terhubung ke stasiun pengisian cepat Electrify America DC dan kemudian pergi, dengan semua verifikasi dan penagihan ditangani di ujung belakang. Sama seperti Tesla yang menggunakan jaringan pengisian cepat Supercharger perusahaan. (Perhatikan bahwa pengisi daya AC yang ditingkatkan tidak ada hubungannya dengan pengisian cepat DC melalui Electrify America; kemampuan Plug & Charge hadir sebagai bonus dalam peningkatan perangkat lunak yang memungkinkan pengisi daya baru bekerja.)

Tapi mengapa pengisi daya baru seperti unicorn? Pada dasarnya karena pembaruan perangkat keras sangat jarang terjadi di kalangan pembuat mobil. Mobil yang keluar dari pintu pabrik adalah mobil yang akan dikendarai oleh pemilik terakhir satu dekade atau lebih kemudian. Setiap perubahan pada spek pabrik hampir pasti karena penarikan kembali keselamatan, dan saat ini mereka jauh lebih mungkin melakukan penyesuaian pada kontrol powertrain mobil atau perangkat lunak untuk sistem bantuan pengemudi tingkat lanjut daripada perangkat kerasnya.

Perangkat Lunak Itu Mudah; Perangkat Keras Bukan

Ada beberapa pengecualian penting. Pada bulan Oktober 2009, Toyota memulai penarikan kembali yang mencakup penggergajian sebagian pedal akselerator pada 3,8 juta kendaraan untuk mencegah pengotoran alas lantai setelah masalah “akselerasi mendadak” yang dipertanyakan. Namun, secara umum, pembuat mengubah perangkat keras kendaraan hanya dengan keengganan yang besar — ​​dan hampir tidak pernah merancang kendaraan untuk memungkinkan peningkatan perangkat keras.

Anekdot 1: Banyak kendaraan di awal dekade terakhir yang dilengkapi dengan fitur komunikasi Onstar GM mengaksesnya melalui layanan seluler 3G. (Ya, Virginia, pernah ada hal seperti itu.) Bulan ini, operator seluler akhirnya akan menutup jaringan itu. Apakah GM menawarkan retrofit untuk memungkinkan pemilik mobil tahun 2015 dan sebelumnya menggunakan jaringan seluler yang lebih baru? Tidak. Sebuah petisi Change.org untuk menuntut yang bahkan belum mencapai target 2500 nama.

Anekdot 2: Pada 2015, Ford meluncurkan Sync 3, versi yang sama sekali baru dari perangkat lunak konektivitasnya yang menggantikan sistem MyFordTouch yang banyak dicerca, yang memiliki pengenalan suara di bawah standar (menjadi baik). Pada acara peluncuran, saya bertanya kepada eksekutif Ford yang bertanggung jawab, “Jadi sedan Fusion dengan Sync 3 terlihat seperti sedan dengan MyFordTouch yang Anda jual hingga beberapa minggu lalu. Jika saya membeli salah satunya, bagaimana cara meningkatkan ke fitur baru?”

Dia menatapku kosong. Akhirnya, muncul jawaban: “Jalur peningkatan adalah pembelian kendaraan baru.” Dan dia berjalan pergi.

Porsche belum berkomentar apakah Taycan dirancang untuk mengizinkan penggantian pengisi daya onboard sejak awal. Namun perlu digarisbawahi betapa langkanya kemampuan ini—dan menyorotnya sebagai contoh bagi produsen lain. Apakah mereka bersedia meluangkan waktu dan upaya untuk mengizinkan pemilik meningkatkan kendaraan yang telah mereka jual, tentu saja, tetap menjadi pertanyaan terbuka.

Konten ini diimpor dari OpenWeb. Anda mungkin dapat menemukan konten yang sama dalam format lain, atau Anda mungkin dapat menemukan lebih banyak informasi di situs web mereka.