• Tue. Jul 23rd, 2024

Sebastian Vettel Pensiun dari F1 di Akhir Musim 2022

f1 grand prix austria

Joe Portlock – Formula 1Gambar Getty

Juara Dunia Formula 1 empat kali Sebastian Vettel mengumumkan pada hari Kamis bahwa ia akan pensiun dari F1 pada akhir musim 2022.

Konten ini diimpor dari Instagram. Anda mungkin dapat menemukan konten yang sama dalam format lain, atau Anda mungkin dapat menemukan informasi lebih lanjut, di situs web mereka.

“Saya suka olahraga ini,” kata Vettel dalam video Instagram yang diposting Kamis. “Ini telah menjadi pusat hidup saya sejak saya dapat mengingatnya. Tetapi sebanyak ada kehidupan di trek, ada juga kehidupan di luar trek. Menjadi pembalap tidak pernah menjadi satu-satunya identitas saya. Saya sangat percaya pada identitas oleh siapa kita dan bagaimana kita memperlakukan kelebihan daripada apa yang kita lakukan.

Saya telah menumbuhkan minat lain di luar Formula 1,” kata Vettel. “Berkomitmen pada hasrat saya seperti yang saya lakukan dan cara yang menurut saya benar, tidak lagi sejalan dengan keinginan saya untuk menjadi ayah dan suami yang hebat.”

Vettel, yang telah membalap untuk Aston Martin sejak 2021, melakukan debutnya bersama Sauber pada 2007 sebelum beralih ke Scuderia Toro Rosso, Red Bull Racing, dan Ferrari. Keberhasilan terbesarnya datang di Red Bull, di mana ia memenangkan empat kejuaraan berturut-turut sebagai pembalap utama tim dari 2010 hingga 2013.

Dalam rentang waktu itu, ia mencatatkan sejumlah rekor dominasi musim yang masih bertahan hingga saat ini. 15 pole position dan 739 lap yang ia pimpin di musim 2011 merupakan rekor tersendiri, begitu pula dengan sembilan kemenangan beruntunnya di musim 2013. 13 kemenangannya tahun itu adalah rekor yang dibagikan dengan sesama legenda F1 Jerman Michael Schumacher. Dia kehilangan gelar pemenang balapan F1 termuda dari Max Verstappen, tetapi dia masih memegang klaim sebagai juara dunia pembalap termuda meskipun tidak termasuk di antara sepuluh pembalap termuda yang melakukan debut seri mereka.

Vettel hanya menang sekali sejak 2019. Dia meninggalkan Ferrari pada 2020, bergabung dengan Fernando Alonso karena gagal mengubah tim menjadi penantang gelar utama hanya satu dekade sebelumnya. Meskipun dia secara konsisten mengungguli rekan setimnya Lance Stroll, dia hanya mencetak satu podium untuk program Aston Martin yang sedang berjuang. Kepemimpinan dari tim telah berbagi minggu lalu bahwa mereka “tidak memiliki rencana B” dalam kasus pensiunnya Vettel.

Konten ini dibuat dan dikelola oleh pihak ketiga, dan diimpor ke halaman ini untuk membantu pengguna memberikan alamat email mereka. Anda mungkin dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang ini dan konten serupa di piano.io