• Wed. Jul 17th, 2024

Bombardier Iltis: Jeep Kanada

Menabrak di sepanjang jalan berkerikil di puncak Gunung Seymour di British Columbia, sejarah militer Kanada yang eksentrik melakukan yang terbaik untuk menghancurkan tulang belakang penumpangnya. Ini adalah Bombardier Iltis, itik jelek yang dibangun di Quebec pada pertengahan 1980-an. Ini adalah Humvee: Martin Short versi Kanada dibandingkan dengan Arnold Schwarzenegger.

bombardier iltis

Brendan McAleer|Mobil dan Sopir

Karena jarak sumbu rodanya yang pendek dan tidak ada konsesi untuk kenyamanan penumpang, setiap lubang dan lubang disertai dengan dentuman dan kerincingan. Akselerasi berada di ujung skala, tetapi ketika Iltis akhirnya melaju kencang, angin kencang berputar melalui kabin logam kosong.

bombardier iltis

Brendan McAleer

bombardier iltis

Brendan McAleer

“Uh-oh,” kata pemilik Helen Poon, melirik pengukur bahan bakar. Dibacanya kosong. Sedikit melambat, dia memukulnya dengan dahsyat, dan jarumnya melonjak hingga setengah penuh, seperti yang mungkin terjadi dalam Hawker Hurricane era Perang Dunia II yang berpatroli di Selat Inggris. Iltis bergerak maju di atas kerikil, tidak nyaman namun tak terbendung.

Di trotoar, Iltis sebenarnya berperilaku cukup baik, meskipun kinerja pengereman, atau kekurangannya, rem tromol agak mengkhawatirkan. Kemudian lagi, Anda tidak pernah membawa banyak kecepatan. Untuk memarkir, Anda memutar kenop di ujung rem parkir untuk menarik garis yang kendur, lalu tarik tuasnya. Sepenuhnya, eh, dikerahkan, tuasnya lebih dari priapic kecil.

bombardier iltis

Brendan McAleer

Iltis adalah kata Jerman untuk polecat, Mustela putorius, mamalia Eropa yang tinggal di hutan yang seperti musang, tanpa karisma. Ada beberapa subspesies, dan yang ini dari keluarga Volkswagen/Audi.

Pada awal 1970-an, tentara Jerman Barat menyerukan penggantian kendaraan arus utama, Tipe 181 Mehrzweckwagen. Mehrzweck berarti multiguna, tetapi pembaca mungkin paling tahu mobil ini dalam bentuk sipilnya sebagai Volkswagen Thing. Tidak perlu banyak menyipitkan mata untuk melihat kemiripan antara VW sisi slab dan tentara Kanada yang dinonaktifkan ini.

Jerman Barat menginginkan banyak kemampuan untuk bagal militer barunya, tetapi harus tetap cukup kompak untuk jalan-jalan Eropa. Laporan itu juga menunjukkan bahwa pesawat itu perlu dibawa-bawa dengan helikopter, mampu membawa muatan seberat 1.100 pon, dan mampu mengarungi dua kaki air.

bombardier iltis

Brendan McAleer

bombardier iltis

Brendan McAleer

Pada saat itu, Volkswagen baru-baru ini membentuk Audi dengan mengkonsolidasikan grup perusahaan Auto Union di bawah satu spanduk. Di antara perusahaan-perusahaan itu adalah DKW, yang membangun Type 182 Munga, tindak lanjut dari Type 181 yang sangat tahan lama dan sangat jelek (Porsche bahkan berusaha membangun pengganti Type 181 sendiri, Jagdwagen). VW menugaskan para insinyur Audi untuk memperbarui platform Munga, termasuk sistem penggerak empat roda baru dan mesin empat silinder 1,7 liter yang bersumber dari Volkswagen.

volkswagen iltis

Volkswagen

Perlu dicatat di sini bahwa gudang taman off-road kecil yang funky ini dapat mengklaim tanggung jawab langsung untuk Audi R8 dan bahkan mungkin Bugatti Veyron.

Pada saat Audi mengembangkan Iltis, itu adalah perusahaan yang memproduksi mobil penggerak roda depan. Ketika insinyur Audi Jörg Bensinger mengendarai Iltis sebagai kendaraan pendukung saat melakukan pengujian musim dingin di Swedia, dia tidak bisa tidak melihat kendaraan tentara bertenaga sederhana dengan mudah mengungguli mobil penumpang di jalan bersalju. Ide untuk Quattro all-wheel drive kemudian lahir.

Iltis lulus uji coba militer Jerman dengan mudah, dan Audi membangun dan mengirimkan lebih dari 2000 unit pada tahun 1980. Pada tahun yang sama, ingin menarik perhatian tentara Prancis, Volkswagen mengirim empat entri ke reli Paris–Dakar. Di sini, Iltis menang, menempati posisi pertama, kedua, dan keempat, dengan peserta keempat lebih jauh ke belakang di lapangan tetapi masih berhasil melewati garis finis.

Meskipun penampilannya agak canggung, kemampuan Iltis sama sekali tidak. Suspensi sepenuhnya independen di keempat roda; untuk kemudahan layanan lapangan, setiap sudut memiliki banyak bagian bersama. Di jalan, Iltis adalah penggerak roda belakang, dan tidak memiliki gearbox jarak rendah yang sebenarnya. Sebaliknya, salah satu dari lima gigi maju diberi label “G” untuk gelnde, atau medan, dan menggunakan 7.603 gigi perayap. Diferensial depan dan belakang juga dapat dikunci sesuai kebutuhan.

Meskipun 1.7 liter empat silinder hanya menghasilkan sekitar 75 tenaga kuda, Iltis siap off-road seperti Samuel de Champlain. Bahkan, itu mengungguli Mercedes-Benz Geländwagen selama uji coba militer Jerman.

Tentara Prancis tidak terpengaruh oleh kemenangan Paris–Dakar, tetapi Kanada datang memanggil. Inti dari kesepakatan itu khas dari perselisihan politik politik antarprovinsi Kanada. Pada dasarnya, Ottawa berhasil memperdebatkan produksi Iltis ke pabrik Bombardier di Valcourt, Quebec.

Dengan segala permintaan maaf kepada Beastie Boys, Bombardier sekarang dilisensikan ke Iltis. Pasangan itu masuk akal: Bombardier telah tumbuh dari kesuksesan mobil salju yang dapat dibawa kemana-mana oleh pendirinya, dan ada pesanan dari militer Kanada untuk 1900 Iltises.

Yang pertama dibangun pada tahun 1983, dengan biaya mengejutkan sekitar $60.000 (disesuaikan dengan inflasi). Untuk menambah penghinaan pada cedera, Bombardier selanjutnya menandatangani kontrak untuk memasok tentara Belgia dengan 2500 Iltises masing-masing sekitar $ 38.000. Kesepakatan itu juga termasuk memaksa Bombardier untuk membeli barang dan jasa Belgia senilai $150 juta. Diminta untuk menjelaskan mengapa Kanada harus membayar lebih untuk kendaraan militer buatan Kanada, seorang pejabat Bombardier menjawab, “Saya kira Anda dapat mengatakan bahwa Belgia adalah negosiator yang sangat baik.”

bombardier iltis

Brendan McAleer

Adapun rencana untuk menjual Iltis versi sipil, pasar tidak ada di sana. Bombardier juga gagal mengamankan kontrak luar negeri lainnya dan mengakhiri produksi Iltis pada pertengahan 1980-an. Secara total, kurang dari 10.000 kendaraan dibangun oleh VW dan Bombardier.

Hari ini, Angkatan Darat Kanada dilengkapi dengan Mercedes G-wagens. Iltis bertugas sampai awal 2000-an, termasuk di Afghanistan. Di sini, ia mendapatkan reputasi yang tidak adil karena rapuh. Komandan militer AS melihat pintu kanvas VW berusia 25 tahun ini dan memperingatkan Kanada untuk tidak keluar dari pangkalan. Pada kenyataannya, Humvee atau G-wagen juga akan memberikan sedikit perlindungan terhadap ranjau darat.

Namun, dalam masa pensiunnya, Iltis menikmati kebangkitan. Suspensinya tidak rata, tetapi tidak jauh lebih buruk daripada Jeep kontemporer, dan mesin kecil ini sangat menyenangkan untuk dikendarai. Grup pemilik Kanada sangat aktif, dan karena itu adalah kendaraan surplus militer, Anda kadang-kadang dapat menemukan Iltis dengan harga murah. Ini seperti Unimog miniatur ramah anggaran, G-wagen bagi mereka yang tidak memiliki banyak G.

Dan selanjutnya, sebagai mesin spesifikasi militer tanpa satupun dari Panggilan tugas cosplay Humvee atau Jeep, Bombardier Iltis kasar dan ramah. Yang merupakan atribut yang sangat Kanada. Apa katamu, bung? Ingin pergi keluar?

Konten ini diimpor dari OpenWeb. Anda mungkin dapat menemukan konten yang sama dalam format lain, atau Anda mungkin dapat menemukan informasi lebih lanjut, di situs web mereka.