• Wed. Jul 17th, 2024

Drive Pertama Ikon Masa Depan: 2001 BMW M3

Dari edisi Desember 2001 Mobil dan Sopir.

Dalam 25 tahun terakhir, Amerika hanya memiliki dua peraih medali emas Olimpiade, Bruce Jenner dan Dan O’Brien. Kebanyakan orang menganggap pemenang dasalomba Olimpiade sebagai atlet terbaik dunia, karena melibatkan kompetisi dalam 10 acara yang sangat berbeda, dari lompat galah hingga lari hingga lompat. Ketika Jenner menang di tahun ’76, America jatuh cinta padanya, dan dia muncul di iklan, tampil di komedi situasi yang buruk, dan tersenyum pada kami dari kotak Wheaties.

Dengan cara yang sama, BMW M3—versi motorsport dari seri 3—telah didambakan secara universal sejak tahun 1994 ketika M3 generasi kedua muncul dengan 240-hp in-line enam yang mulus dan berbahu lebar. Seperti decathlete, M3 melakukan semuanya: Dapat membawa empat orang dewasa dan barang bawaan mereka dengan nyaman, dan dalam prosesnya mobil dapat melewati tikungan dengan kelincahan dan kerenyahan yang biasanya disediakan untuk mobil sport hard-core. Sampai baru-baru ini, M3 tidak terkalahkan dalam uji perbandingan kami—M3 yang berusia lima tahun memang menempati posisi kedua (CD, September 1999) ke Audi S4 Quattro yang baru. M3 mendapatkan tempat di daftar 10Best tahunan kami lima tahun berturut-turut—1995 hingga ’99. Pada tahun 1997, ia mengalahkan delapan mobil, termasuk Acura NSX-T dan Ferrari F355, untuk memenangkan adu mobil dengan penanganan terbaik kami.

Namun, kami frustrasi mengetahui bahwa BMW menjual M3 yang lebih baik dan lebih bertenaga di tempat lain di dunia. BMW mengatakan M3 tertinggi ini, dengan 77 tenaga kuda lebih banyak, terlalu mahal untuk pasar AS.

Mungkin BMW ada benarnya, karena M3 yang dijual di sini menyumbang lebih dari setengah dari semua M3 yang diproduksi dari tahun 1995 hingga 1999. Dalam satu tahun yang sangat baik, 1998, empat dari lima M3 yang terjual adalah versi AS 240-hp dengan harga sekitar $40.000. M3 yang lebih kuat harganya sekitar $ 55.000 di Jerman.

Untuk M3 baru, berdasarkan seri tiga pintu dua saat ini, BMW memutuskan dua hal: (1) Amerika mungkin bersedia mengeluarkan sedikit lebih banyak untuk mesin lain, dan (2) membuat semua M3 dengan mesin yang sama. mungkin akan menurunkan biaya yang cukup untuk membuat semua orang senang. Kami baru-baru ini mengendarai mobil baru di Jerez, Spanyol, dan bahkan mendapat kesempatan untuk mengubah beberapa putaran di sirkuit Jerez.

Kursi kulit merah yang cantik memiliki guling batang tubuh yang dapat disesuaikan untuk menjaga pengemudi tetap di tempatnya.

BWW

Mesin adalah permata mutlak. Motor yang garang dan menjerit ini menghempaskan M3 ke jalan dengan urgensi yang sekarang menyaingi mobil sport terbaik dunia dari Porsche dan Chevrolet. BMW memperkirakan M3 akan mencapai 60 mph hanya dalam 4,8 detik dan akan memakan seperempat mil dalam 13,5 detik — setara dengan 911 Carrera dan Corvette — dan kami pikir angka-angka itu akurat.

Lebih dari mesin membedakan M3 dari mobil 3-seri. Pertama, M3 menggunakan suspensi uniknya sendiri. Desain dan tata letak dasar digunakan bersama dengan 323 dan 330, tetapi hampir setiap komponen—termasuk hub dan spindel—diubah, dimodifikasi, atau diperkuat untuk penanganan yang lebih tajam dan umpan balik pengemudi yang lebih banyak. Trek depan ditingkatkan 1,5 inci dan belakang 1,8 inci untuk mengakomodasi ban depan 225/45ZR-18 besar dan belakang 255/40ZR-18. Selain itu, pelat pengaku aluminium setebal 0,1 inci dibaut ke bagian bawah rel rangka depan, dan rak kemudi menggunakan rasio putaran yang tujuh persen lebih cepat daripada mobil dasar.

M3 baru mempertahankan sikap berbelok tajam dan menikung datar, tetapi telah mengambil beberapa kebiasaan buruk. Yang pertama adalah perjalanan yang lebih menghukum daripada model terakhir, yang berhasil terasa kuat dan sesuai. Bukannya tidak nyaman, tapi kami merasakan bahwa mobil baru ini bergerak lebih cepat dari model sebelumnya. Kedua, mobil baru menjaga bagian belakang terpasang dengan baik sehingga hanya ban depan yang meluncur di tikungan. Ya, itu understeers-buruk. Mempertimbangkan betapa kami menyukai penanganan netral mobil tua itu — Anda dapat memanggil under- atau oversteer sesuka hati — realisasi sifat ini hampir membuat kami menangis, tetapi faktanya tetap bahwa tanpa beberapa heroik pengemudi utama, bagian belakang M3 tetap ada. tegas menempatkan. Mobil uji kami adalah model Eropa dengan ban 19 inci yang tidak akan tersedia di Amerika Serikat, jadi mungkin model AS dengan ban 18 inci akan terasa berbeda. Understeer adalah sifat penanganan yang aman, jika tidak menarik, dan mobil baru menutupi kecepatannya serta yang lama.

Di jalan, di mana pendatang dibawa pada kecepatan yang jauh lebih lambat daripada di arena pacuan kuda, ceritanya sangat berbeda. M3 terasa heroik sekali lagi. Dari kursi pengemudi, Anda tidak akan pernah tahu bahwa Anda mengemudikan mobil penumpang; nuansa mobil sport murni, dengan kelincahan dan kerenyahan yang memungkiri kemampuan praktisnya.

BMW mengatakan mobil baru akan berharga sekitar $46.000, kira-kira $5000 lebih mahal dari M3 terakhir yang dijual di sini, model 1999. (Garbox manual ala Ferrari Fl dengan perpindahan otomatis i jatuh tempo pada tahun 2002.) Mengingat jumlah busa ekstra di ruang mesin, kami pikir harga itu murah. Dan tidak seperti Bruce Jenner, yang memenangkan emas hanya di satu kompetisi Olimpiade, kami yakin M3 baru akan melanjutkan jalan kemenangan mobil lama.


Melihat Lebih Dekat Mesin BMW Torquey 333-hp

Hanya ada dua mesin naturally aspirated untuk dijual di negeri ini yang dapat mencapai kinerja 103-tenaga kuda-per-liter BMW enam baru: Honda 120-tenaga-per-liter-empat silinder yang luar biasa ditemukan di roadster S2000 dan fenomenal 110-tenaga kuda-per-liter V-8 dari Ferrari 360 Modena. Seperti Honda dan Ferrari, mesin BMW yang memiliki 333 tenaga kuda, tidak datang dengan teknologi baru yang menghancurkan bumi. Sebaliknya, mesin mencapai output yang luar biasa melalui pendekatan metodis yang hati-hati untuk meringankan bagian dalam mesin dan meningkatkan pernapasan.

Untuk meringankan valvetrain, BMW menggunakan camshaft berongga (dengan sistem timing variabel tak terhingga VANOS pada cam intake dan exhaust) dan pengikut jari untuk mengoperasikan katup. BMW mengatakan pengikut jari menawarkan dua keunggulan utama dibandingkan tappet katup konvensional: Gesekan 30 persen lebih rendah dengan pengikut, dan massa valvetrain adalah 30 persen lebih sedikit.

mesin bmw m3 2001

Mobil dan Sopir

Dengan internal mesin yang mampu berputar pada 8000 rpm, BMW selanjutnya memastikan bahwa mesin dapat bernafas pada kecepatan tersebut. Di sisi intake, enam tabung individu menampung katup kupu-kupu yang dikontrol secara elektronik. BMW mengatakan katup throttle individu, yang diposisikan lebih dekat ke port intake daripada di throttle body tunggal konvensional, meningkatkan respons throttle. Pada knalpot, tabung header yang sama panjangnya mengeluarkan udara bekas.

Meskipun kap aluminium M3 baru dan tonjolan tengahnya, mesin masih harus dipasang pada daftar 30 derajat agar pas. Memiringkan mesin diperlukan memodifikasi panci oli untuk membersihkan crossmember depan. Ini menciptakan masalah pemulungan oli, terutama selama perjalanan jauh, yang diselesaikan BMW dengan menggunakan satu bah besar di bagian belakang mesin dan bah yang lebih kecil di depan. Ada dua pompa oli, satu untuk memompa oli dari bah depan ke belakang dan satu lagi untuk memompa oli dari bah belakang melalui mesin.

Salah satu fitur unik mesin M3 adalah sakelar respons throttle mode ganda pilihan pengemudi, yang mengubah cara katup kupu-kupu masuk merespons pedal gas. Saat mesin tidak dalam mode sport, kupu-kupu terbuka perlahan pada awalnya untuk memastikan pengendaraan yang mulus; dalam mode sport, katup terbuka lebih cepat, mengurangi waktu respons.

Meskipun BMW berada di urutan ketiga setelah Honda dan Ferrari dalam kontes tenaga kuda per liter ini, mesin Simmer memang membanggakan lebih banyak torsi per liter (81 pon-kaki per liter vs 77 untuk Honda dan Ferrari). Hasilnya adalah mesin yang sangat kuat di mana-mana di kisaran putaran dan menarik seperti orang gila hingga garis merah 8000-rpm. —Larry Webster

spesifikasi