• Tue. Jul 23rd, 2024

Tergelincir, Meluncur di Honda Civic Type R 2023 di Sonoma Raceway

Untuk menunjukkan kepada kami apa yang bisa dilakukan oleh Honda Civic Type R baru di lintasan, Honda mengundang kami ke Arena Balap Sonoma untuk sore hari di depan. Untuk melindungi populasi jurnalis otomotif, YouTuber, blogger, dan seniman kata situs web yang berharga, pengemudi pabrik Honda, Ryan Eversley mengambil langkah mudah. Sementara Eversley menjelaskan beberapa etiket dasar lintasan kepada kami para pemberi pengaruh, hujan deras mengubah sebagian lintasan menjadi kolam di atas tanah.

Arena Balap Sonoma, sebelumnya Sears Point, adalah taman bermain di puncak dan lembah dengan jalur drag di tengahnya. Jalur jalan sepanjang 2,5 mil dengan perubahan ketinggian 160 kaki, Sonoma telah mengibarkan bendera kotak-kotak selama 52 tahun. Dari IndyCar tahun 1970 milik Dan Gurney hingga NASCAR Dodge Charger milik Kasey Kahne, Sonoma telah menjadi tuan rumah bagi mereka semua dan merupakan mercusuar antusiasme otomotif di antara kebun anggur seluas 14.000 hektar di lembah itu.

Championship White Type R yang kami pakai memakai ban standar Michelin Pilot Sport 4S. Meskipun ban musim panas berperforma maksimal ini adalah ban cuaca basah yang hebat, kami tetap memiliki cengkeraman yang jauh dibandingkan dengan traksi kering ban yang kuat dan bersiap untuk meningkatkan kecepatan.

Rangkullah Dramanya

Lap basah mengajarkan pelajaran penting tentang aplikasi throttle yang mulus. Saat Anda merasa lebih nyaman, Anda menyadari mengemudi di tengah hujan hanyalah versi dramatisasi dari apa yang berhasil saat cuaca kering. Tarik napas ke throttle alih-alih menginjak, dan CTR akan menghadiahi Anda dengan keluar tikungan lebih cepat. Memanjat dan keluar dari Belokan 2 berarti mengambil banyak pembatasan. Keluar dari area itu membutuhkan disiplin throttle yang serius dalam hujan untuk mencegah hilangnya traksi saat menerapkan torsi 310-pound-feet Civic yang kuat.

Keajaiban Tipe R menjadi lebih jelas saat pintu keluar sudut mulai mengering. Dapatkan entri yang tepat untuk menuruni bukit lebar melalui Belokan 6, dan g lateral yang dialami saat keluar dari Carousel legendaris di CTR dengan kecepatan penuh akan membuat alis Anda menegang. Di lap yang lebih kering, limited-slip differential Type R bersinar dengan tenaga yang jauh lebih besar dari yang kami duga. Khawatir akan oh-tidak, ini mungkin terlalu cepat digantikan oleh sial, kurasa kita akan mencobanya lebih cepat lain kali.

Berbeda dengan Civic Si 200-hp yang jauh lebih jinak, 315-hp turbocharged 2.0-liter di Type R berdengung lebih keras saat diputar. Itu membuatnya jauh lebih mudah — bahkan saat mengenakan helm — untuk merasakan kapan waktunya untuk pindah gigi. Lampu shift di atas cluster pengukur juga merupakan indikasi yang jelas, tetapi mobil ini cukup keras untuk tidak membutuhkannya.

Honda memperbarui basis shifternya untuk CTR baru, dan memberikan perubahan yang tajam. Alih-alih mengaduk Lego dengan garpu plastik, lemparan Tipe R ke gigi berikutnya terasa tajam. Pencocokan rev otomatis Honda yang dikerjakan ulang bekerja dengan baik pada putaran yang lebih lambat dan merupakan bantuan yang membantu saat mempelajari titik pengereman dan belokan. Dengan itu off, gerak kaki tambahan yang diperlukan untuk blip revs sendiri terasa lebih alami, meskipun tidak konsisten.

Bahkan ketika puncak sudah terisi air hujan, trek balap sulit untuk ditinggalkan. Meskipun waktu kami di Sonoma dengan CTR sesingkat manisnya, ini bukanlah kesempatan terakhir kami untuk mencium yang mengekang dengan salah satunya. Dan kami berharap cuaca yang lebih baik di Virginia International Raceway untuk Lightning Lap tahun ini.

Konten ini diimpor dari OpenWeb. Anda mungkin dapat menemukan konten yang sama dalam format lain, atau Anda mungkin dapat menemukan lebih banyak informasi di situs web mereka.