• Wed. Jul 17th, 2024

Theon Design Porsche 911 Restomod Bukan Penyanyi Cadangan

Kita harus menunggu hari ketika pengrajin otomotif menata kembali Camaros generasi ketiga atau Mustang bertubuh Fox menjadi restomods berbadan serat karbon yang rapi dengan harga enam digit. Sampai saat itu tiba, kita harus terus merosot dengan Porsche 911 generasi 964.

Tentu saja, ada banyak alasan mengapa 911 berpendingin udara kedua dari belakang sering menjadi inspirasi untuk pakaian tuning kelas atas. Tidak ada kekurangan mobil untuk memulai, Porsche telah menjual lebih dari 60.000 dari semua varian secara global antara tahun 1989 dan 1994. Minat (dan nilai) juga cukup tinggi untuk menemukan pasar untuk transformasi mahal.

Pembuat ulang paling terkenal dari 964 tidak diragukan lagi adalah Singer di California, yang telah memproduksi versi yang melintasi batas dari mobil ke seni otomotif selama lebih dari satu dekade. Tetapi semakin banyak toko lain yang masuk ke ruang yang sama. Tahun lalu, kami memberi tahu Anda tentang versi EV yang diproduksi oleh Everrati di Inggris, meskipun kami kesulitan untuk melihat apa yang ditambahkan oleh powertrain listrik ke pengalaman tersebut.

Sekarang inilah perusahaan Inggris lainnya, tapi yang ini bertahan dengan pembakaran internal. Toko kecil itu bernama Theon Design, dan itu memberi CD kesempatan untuk mengalami 964 sebagian berbadan serat karbon sebelum dikirim ke pembeli di Chili, maka nama mobil itu CHI001. Oh, dan pelanggan itu adalah petani blueberry yang sukses, jika Anda bertanya-tanya tentang alasan skema warna ungunya yang keras.

Seperti banyak bisnis serupa lainnya, Theon Design lahir dari hasrat pribadi, dalam hal ini, pencarian seorang pria bernama Adam Hawley untuk membangun 964 miliknya sendiri yang sempurna sambil bekerja 9-ke-5 sebagai perancang mobil untuk perusahaan mobil besar termasuk Jaguar. Land Rover. Mobil itu akhirnya selesai dengan standar yang meminta teman dan kenalannya untuk membuat sesuatu yang serupa untuk mereka, yang mengarah ke pendirian Theon Design dengan mitra bisnis Lucinda Argy, yang juga istrinya.

Sementara Theon CHI001 berbagi bentuk dasarnya dengan 964, detailnya jelas terinspirasi oleh 911 sebelumnya. Itu telah kehilangan bilah lampu belakang lebar penuh yang dibuatnya dan memperoleh overrider bumper gaya 930 Turbo dan bezel lampu depan. Mobil asli di bawah konversi adalah Carrera 4 yang dijual di Jepang, tetapi telah dilucuti menjadi bagian komponen dan dibangun kembali sepenuhnya. Perubahan struktural meliputi atap serat karbon, tutup bagasi, penutup mesin, dan spoiler. Spatbor dan bumper dibuat dari campuran karbon-kevlar yang lebih kuat.

Penghematan bobot dibandingkan 964 biasa adalah sekitar 220 pound, menurut Hawley, dengan bodywork komposit bagian juga membuat mobil lebih kuat. Dari dekat, perhatian terhadap detail mendekati obsesif, termasuk sentuhan seperti pemasangan simetris koil pengapian kembar pada firewall mesin dan integrasi tak terlihat dari lampu rem tengah yang dipasang tinggi ke sekeliling jendela belakang.

Pelanggan Theon memiliki pilihan powertrain, termasuk opsi konversi supercharger yang menarik yang telah dikembangkan perusahaan untuk flat-six berpendingin udara. CHI001 menjalankan mesin 4.0 liter aspirasi alami; badan throttle individu dan penyeimbangan internal yang hati-hati menghasilkan output puncak hingga 400 tenaga kuda pada 7100 rpm. Itu juga telah kehilangan sistem penggerak semua roda aslinya, dan tenaga sekarang dikirim secara eksklusif ke poros belakang melalui gearbox enam kecepatan generasi 993 dan diferensial selip terbatas.

Tidak setiap bagian dari pengalaman telah diperbarui. Saat masuk, kami menemukan posisi mengemudi yang familiar dan sedikit seimbang, dan meskipun dipangkas ulang dengan indah dalam rona cerah agar sesuai dengan cat eksterior, arsitektur dasar kabin tidak berubah. Tetapi menyalakan mesin segera menunjukkan karakter yang berbeda dengan Carrera biasa pada generasi ini: pertama, gonggongan knalpot, yang penutup akustiknya dapat diganti bervariasi dari keras hingga sangat keras; kedua adalah kesegeraan respons mesin terhadap tekanan pedal akselerator yang ringan sekalipun, berkat roda gila ultraringan.

desain theon porsche 964 chi001

Desain Teon

Membandingkan mobil Theon dengan 964 biasa diperumit oleh ingatan yang semakin jauh tentang seperti apa mobil aslinya saat baru, tetapi yang satu ini berkendara dengan tingkat ketenangan dan presisi tampaknya sulit untuk membayangkan stok apa pun yang dimiliki 964 bahkan saat masih segar dari pabrik. (dengan kemungkinan pengecualian varian RS yang terkenal). Kemudi CHI001 terasa langsung dan bebas kendur untuk 911 berpendingin udara. Sistem ini mempertahankan bantuan hidraulik, tetapi sekarang ditenagai oleh pompa elektrik. Geometri suspensi yang direvisi, busing yang lebih kaku, dan peredam aktif meningkatkan presisi yang dapat digunakan untuk menempatkan ujung depan, meskipun hal itu juga berarti distribusi bobot bias belakang dasar 964 di sudut-sudut kurang terasa.

Melonggarkan akselerator dengan sasis terisi mengencangkan garis secara progresif tetapi tidak dengan cepat. Perbedaan dinamis terbesar mungkin terletak pada PS2 Michelin Pilot Sport modern yang dipasang pada pelek bergaya Fuchs periode tersebut, yang memberikan cengkeraman yang melimpah. Pengendaraannya kokoh bahkan dengan peredam adaptif dalam pengaturan terlembutnya, tetapi tidak begitu nyaman.

Namun mesinnya adalah fitur utama CHI001 — bagian bawah yang berotot mengesankan tetapi dengan selera putaran yang tak habis-habisnya yang didorong oleh akselerator setajam pisau bedah untuk dieksploitasi oleh pengemudi. Tachometer hanya mencapai 8000 rpm, tetapi limiter sebenarnya lebih dari 500 rpm. Bekerja melawan hanya 2570 pound, rasanya juga cepat abad ke-21. Perpindahan gigi berbobot sempurna, dan meskipun beralih ke rem karbon-keramik, pedal tengah terasa alami dalam responsnya.

Kisah cinta ini mungkin membuat Anda mempertanyakan kemampuan kritis kami, tetapi mobil ini memang memiliki beberapa kelemahan. Yang pertama adalah harganya. Meskipun jauh dari pengeluaran tujuh digit yang diperlukan untuk salah satu penawaran sempurna piksel Singer, pembeli masih perlu membayar Theon sekitar $500.000 (dengan kurs saat ini) untuk mendapatkan sesuatu yang mirip dengan mobil ini—ditambah biaya donor 911 Yang kedua adalah menunggu: Perusahaan sudah memiliki bank pesanan besar yang perlu diselesaikan dan dapat membangun tidak lebih dari lima mobil setahun.

desain theon porsche 964 chi001

Desain Teon

Di luar itu, sementara “sempurna” adalah kata sifat yang kuat untuk diterapkan pada mobil apa pun, Theon hampir saja mendapatkannya.

Konten ini diimpor dari OpenWeb. Anda mungkin dapat menemukan konten yang sama dalam format lain, atau Anda mungkin dapat menemukan lebih banyak informasi di situs web mereka.