• Tue. Jul 23rd, 2024

Le Mans Classic Wajib Ditonton

le mans classic 2022 mobil balap kecil

CHRISTOPHE JOUNIAUX

Le Mans Classic adalah akhir pekan di arena balap legendaris yang mengenang masa lalu. Semangat ini dikobarkan oleh ratusan mobil antik yang berlomba di sekitar sirkuit terkenal, serta di paddocks dan kandang penggemar yang luas. Dicadangkan untuk mobil dari dekade terakhir 24 Jam, dan ini adalah satu-satunya kesempatan untuk melihat mobil-mobil ini berlari di trek yang mirip dengan yang mereka miliki di masa lalu. Sementara perlombaan ketahanan Le Mans 24 Jam tahun ini berlangsung dari 11-12 Juni, Classic, yang berlangsung kurang dari sebulan kemudian, mungkin saja yang dimasukkan ke dalam daftar ember Anda. Inilah alasannya:

Iklan – Lanjutkan Membaca Di Bawah

Sejak didirikan pada tahun 2002, Le Mans Classic telah diadakan setiap tahun kecuali tahun 2020, yang dibatalkan karena pandemi COVID-19. Namun, momentumnya semakin cepat: Ketika Le Mans Classic terakhir berlangsung pada 2018, ia menarik lebih dari 1000 pembalap dan 195.000 penonton. Tahun ini, ada lebih dari 200.000. Gabungkan ini dengan tonase mobil balap yang signifikan secara historis, dan Anda memiliki acara penggemar balap klasik hanya dengan satu saingan.

Le Mans Classic adalah perayaan perlombaan 24 Jam. Mobil yang memenuhi syarat untuk balapan terbatas pada model yang dapat balapan di Le Mans pada masanya, dengan prioritas lebih lanjut diberikan kepada mobil yang benar-benar menjalankan 24 Jam. Grid dibagi menjadi enam era balap Le Mans, mulai dari tahun 1923 hingga 1981, tetapi aksi akhir pekannya tanpa henti; ada lari Porsche dan Jaguar khusus marque, lari Endurance Racing Legends, dan balapan Grup C yang tidak boleh dilewatkan dari mobil Le Mans 1982-1993—penutup telinga disarankan saat mobil-mobil itu lewat.

Ini bukan lap parade. Balapan antara mobil-mobil berharga ini kompetitif, dan apa pun bisa terjadi. Tahun ini, kebocoran oli besar menandai balapan Jaguar Classic Challenge hanya enam menit dari finis, benar-benar mengubah empat mobil depan yang berlomba-lomba untuk menang. Pada akhirnya, E-Type Low Drag Coupe 1963 mengungguli sepasang E-Type 3.8s 1965.

Empat dari enam grid era Le Mans bahkan menghormati tradisi start Le Mans, dengan para pembalap berlari ke mobil mereka melintasi lintasan untuk memulai balapan.

Balapan bukan hanya untuk orang dewasa. Sesi Sabtu Le Mans Classic tahun ini sekali lagi menampilkan “Little Big Mans,” di mana pengemudi berusia tujuh hingga dua belas tahun mengambil replika klasik gas dan listrik melalui jalur 2,5 mil yang disingkat. Ini layak untuk ditonton. (“Replika” ini adalah versi skala yang sangat rinci dari real deal, dan banyak yang sudah cukup.)

Dengan pengawalan sepeda motor polisi yang memimpin, Little Big Mans secara eksplisit bukan perlombaan, tetapi kita berbicara tentang anak berusia tujuh hingga dua belas tahun di sini: banyak hal terjadi. Anda belum hidup sampai Anda melihat miniatur Porsche 917 yang tertutup penuh robek dari lubang.

Le Mans Classic melayani klub mobil. Klub-klub khusus merek dikelompokkan bersama, dan banyaknya mobil di banyak yang mencengangkan (bahkan melalui mata letih seorang penulis mobil lama).

Di halaman Porsche, baris demi baris 911 membentang sejauh mata memandang, dengan mobil Clubsport, RS, dan Turbo yang langka berbintik-bintik dengan bebas. Di tempat lain adalah seluruh barisan GT40 dan Ferrari klasik, banyak di antaranya benar-benar berkompetisi dalam 24 Jam.

Partisipasi tidak terbatas pada klub khusus. Klub bertema dengan sepuluh atau lebih mobil memenuhi syarat untuk Le Mans Classic, dan masing-masing memiliki bagian sendiri dari area tampilan. Anda akan menemukan sekumpulan pembalap Endurance atau mobil Grup C bersama-sama di sini, termasuk trio Jaguar XJR 1988–1991 yang menyapu podium tahun ini.

Klub paling eksklusif dari semuanya adalah klub campuran. Le Mans Heritage Club terdiri dari 24 mobil pilihan, yang semuanya telah menjalankan 24 Jam di beberapa titik dari tahun 1923 hingga hari ini.

Tiket masuk umum memberi Anda akses yang sangat baik, termasuk ke kandang klub dan area tampilan pabrikan, yang dipenuhi dengan mobil bersejarah dan kontemporer. Ada juga desa peserta pameran dengan vendor dari semua jenis, mulai dari seni bertema mobil hingga suku cadang, berbagai macam tchotchkes, dan bahkan tempat untuk potong rambut dan bercukur dengan cepat.

Jika Anda lelah balapan, selalu ada Drive-In, bioskop luar ruang dengan kursi geladak yang nyaman di mana Anda dapat memakai satu set headphone dan menonton film seperti Mad Max, Dari Rusia dengan Cintadan banyak lagi—sambil dikelilingi oleh beberapa mobil paling unik yang pernah dibuat.

Tiket kelas atas dapat menempatkan Anda dengan pemandangan 180 derajat dari garis start dan kurva Dunlop, atau di barisan depan di atas garis start, dengan tambahan seperti sarapan gourmet, makan siang, dan makan malam. Jam buka bar siang dan malam juga disertakan.

Pengaya lainnya menawarkan opsi untuk menjelajahi area paddock dan bahkan berada di trek itu sendiri, seperti dengan putaran penemuan trek atau tamasya Jeep. Tiket hak istimewa dan peserta klub bahkan memiliki pilihan untuk mengambil penerbangan helikopter pendek di atas sirkuit.

Bertabrakan dengan pengemudi legendaris sama mudahnya dengan tersandung mobil balap terkenal. Tidak kurang dari tujuh mantan pemenang 24 Hours yang berpartisipasi di Le Mans Classic 2022. Selain mengemudikan kendaraan klasik di sekitar trek, banyak pengemudi profesional juga berpartisipasi dalam sesi tanda tangan dan foto.

Lelang Artcurial kembali ke Le Mans Classic untuk 2022. Memorabilia, sepeda motor, dan mobil melintasi podium selama sesi Kamis, Jumat, dan Sabtu. Sorotan tahun ini adalah Porsche 935 L1 “Baby” 1980, yang berpartisipasi dalam Le Mans 24 Jam tahun 1981, Silverstone 6 Jam, Brands Hatch, dan Nürburgring.

Konten ini dibuat dan dikelola oleh pihak ketiga, dan diimpor ke halaman ini untuk membantu pengguna memberikan alamat email mereka. Anda mungkin dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang ini dan konten serupa di piano.io

Iklan – Lanjutkan Membaca Di Bawah